Mengenal Alopecia, Penyakit yang Dialami Istri Will Smith

27
Will Smith Minta Maaf Kepada Chris Rock Usai Menampar di Panggung Oscar 2022

Insiden aktor Will Smith menampar sang komedian, Chris Rock telah menghebohkan panggung Piala Oscar 2022, Minggu (27/3) waktu setempat. Hal yang melatarbelakangi kejadian ini adalah Chris Rock yang mengejek gaya rambut plontos istri Will Smith, Jada Pinkett, yang ternyata menderita alopecia.

Will Smith memberi tamparan kepada Chris Rock saat komika tersebut membuat lelucon soal penampilan Jada Pinkett Smith dengan rambut plontos yang dimiripkan dengan film GI Jane. Will Smith awalnya tertawa mendengar hal ini, namun tak berapa lama berselang ia naik ke atas panggung dan menampar wajah dari Chris Rock.

Mengenal Alopecia, Penyakit yang Dialami Istri Will Smith

Istri dari Will Smith, Jada Pinkett Smith tampil plontos di panggung Oscar 2022 dikarenakan mengalami alopecia. Penyakit ini membuat kondisi rambut Jada menjadi rontok karena autoimun. Ia pun pernah membagikan kisah tentang penyakitnya ini di Instagram.

“Sekarang pada titik ini, saya hanya bisa tertawa, kalian tahu saya telah berjuang dengan alopecia,” kata Jada Smith.

“Jadi, itu muncul begitu saja. Sekarang, ini akan menjadi sedikit lebih sulit bagi saya untuk bersembunyi. Jadi, saya pikir saya akan membagikannya saja sehingga tidak bertanya apa pun,” jelas Jada Pinkett Smith.

Beberapa faktor dapat mengakibatkan seseorang terkena mengalami alopecia, seperti faktor keturunan, alergi, perubahan hormonal, kondisi medis atau bagian normal dari penuaan.

Alopecia menyebabkan kerontokan rambut yang drastis. Ini bisa menjadi akibat dari faktor keturunan, perubahan hormonal, kondisi medis atau bagian normal dari penuaan. Jenis kebotakan ini dibagi menjadi 3 yaitu Alopecia Areata yaitu kebotakan pada area tertentu; Alopecia Totalis yaitu botak keseluruhan kepala; dan Alopecia Universalis yaitu kehilangan keseluruhan rambut di tubuh.

Berikut ini gejala dari alopecia:

  • Bercak tersebut semakin meluas menjadi sebuah area kebotakan yang tidak merata.
  • Bercak botak kecil di kulit kepala atau bagian tubuh lainnya.
  • Kerontokan rambut yang ekstrem dalam waktu singkat terutama di cuaca dingin.
  • Kuku jari tangan dan kaki menjadi merah, rapuh, dan permukaan menjadi tipis dan kasar.
  • Biasanya, bercak kebotakan pada kulit kepala halus tanpa ruam atau kemerahan. Tapi mungkin ada rasa gatal atau terbakar pada kulit sebelum rambut rontok.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it