Mengenal Max Verstappen, Sang Juara Dunia F1 2022

9
Mengenal Max Verstappen, Sang Juara Dunia F1 2022

Brava Listeners, pebalap dari tim Red Bull Racing, Max Verstappen baru saja mengunci gelar juara dunia Formula 1 2022 usai memenangi balapan F1 GP Jepang yang dihelat di Sirkuit Suzuka pada Minggu (9/10/2022) sore WIB.

Pebalap asal Belanda itu sukses menduduki posisi puncak klasemen F1 dengan koleksi 366 poin, disusul Sergio Perez 253 poin dan Charles Leclerc 252 poin di peringkat ketiga. Max Verstappen telah mengunci gelar juar karena sudah tidak mungkin lagi terkejar meski kalender F1 2022 masih menyisakan empat balapan lagi.

Mengenal Max Verstappen, Sang Juara Dunia F1 2022

Verstappen saat ini sudah unggul 113 poin atas Sergio Perez yang duduk di peringkat kedua. Kemenangan Max tak terlepas dari Charles Leclerc (Ferrari) yang  mendapatkan penalti akibat insiden di Tikungan 16. Charles Leclerc yang sejatinya finis di urutan kedua terpaksa harus turun satu tingkat dan poin semakin menjaub dari Max.

Max Verstappen sendiri merupakan pebalap yang lahir di Hasselt, Belgia, 30 September 1997. Dirinya adalah putra dari Jos Verstappen dan Sophie Kumpen. Ayah Max, Jos Verstappen, merupakan seorang mantan pebalap Formula 1. Sementara itu, sang Ibu, Sophie Kumpen adalah pebalap gokart.

Mengenal Max Verstappen, Sang Juara Dunia F1 2022

Max Verstappen dibesarkan di keluarga yang berhubungan dekat dengan mobil, sehingga dunia Verstappen tidak bisa lepas dari balapan. Melansir dari laman resmi F1, Verstappen debut di ajang balap jet darat paling bergengsi di dunia ini pada saat berusia 17 tahun.

Saat dirinya masih berusia 17 tahun,  Verstappen mencatat debutnya pada Grandprix Australia, 15 Maret 2015.  Dirinya pun mencetak sejarah dengan menjadi pebalap termuda di Formula 1. Kemudian Verstappen membuat gebrakan pada musim 2016 dimulai ketika dia beralih dari tim Toro Rosso ke Red Bull Racing pada GP Spanyol yang merupakan seri ke-5.

Mengenal Max Verstappen, Sang Juara Dunia F1 2022

Tak diduga, Verstappen langsung menjadi juara pada balapan tersebut. Kemenangan ini membuat Verstappen berhasil memecahkan rekor pebalap F1 termuda yang pernah naik podium di usia 18 tahun 228 hari.

Baca Juga: Agar Terhindar Dari Macet, Pantau Macet di Jakarta Dengan 5 5 Aplikasi Ini

Hingga akhirnya pada musim 2021, Max akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pertamanya pada musim ketujuh berlaga di ajang F1. Kini, pada tahun 2022, Max Verstappen kembali berhasil mempertahankan gelar juara dunia F1.  Sebagai informasi, Verstappen menjadi pebalap ke-11 yang berhasil mempertahankan gelar juara dunia dalam sejarah.

Bagaimana tanggapan Anda Brava Listeners, akankah Max Verstappen mampu mempertahankan gelarnya di musim depan?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it