Mengenal Pulau Onrust yang Jadi Lokasi Fenomena Ikan Naik ke Darat

21
Mengenal Pulau Onrust yang Jadi Lokasi Fenomena Ikan Naik ke Darat

Belum lama ini, publik diramaikan dengan video viral di media sosial yang menampilkan fenomena ika naik ke darat di Pulau Onrust pada (29/11/22).

Banyak yang belum mengetahui bahwa Pulau Onrust menjadi salah satu bagian dari Kepulauan Seribu tepatnya di sekitar Pantai Mutiara, dekat Apartemen Regatta, Jakarta Utara. Selain itu pulau tersebut termasuk yang bersejarah, karena pernah dipakai beragam kegiatan pada zaman kolonial Belanda.

Mengenal Pulau Onrust yang Jadi Lokasi Fenomena Ikan Naik ke Darat

Onrust berasalh dari bahasa Belanda dengan arti yang tidak pernah beristirahat. Pulau dengan luas sekitar 3,5 kilometer persegi itu memiiliki fungsi yang cukup banyak, baik saat zaman sebelum maupun sesudah kemerdekaan.

Pada 1972, Pulau Onrust tidak boleh lagi dipergunakan, karena Gubernur DKI Jakarta kala itu Ali Sadikin menetapkan pulau itu sebagai pulau bersejarah dan cagar budaya. Pulau Onrust sekarang hanya untuk tempat wisata sejarah.

Pulau yang menjadi tempat fenomena alam akibat perubahaan iklim laut itu menyimpan berbagai bangunan tua sekaligus bersejarah juga bisa dilihat di Pulau Onrust di antaranya Menara Keket, Museum Plaza, dan Pemakaman Belanda.

Mengenal Pulau Onrust yang Jadi Lokasi Fenomena Ikan Naik ke Darat

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Gabung Klun Arab Saudi, Digaji Rp3,2 Triliun Pertahun!

Menara Keket bisa digunakan untuk menyaksikan keindahan pemandangan laut di sekitar pulau. Museum Plaza merupakan rumah yang masih dipakai untuk menyimpan barang-barang bersejarah yang telah dibingkai dan sudah ada sejak 1939.

Kemudian ada pemakaman Belanda, salah satunya makam Cornellis Vogel, mantan penguasa Onrust, yang dulunya dimakamkan pada 1738. Yang membuat menarik adalah di makan itu ada puisi berbahasa Belanda.

Bagi Brava Listeners yang menyukai fotografi, Pulau Onrust bisa menjadi lokasi yang tepat untuk hunting foto.  Pemandangan di sekitar pulau ini indah sehingga banyak spot foto untuk kamu mengabadikan momen.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

 

Share it