Mengenal Terapi Singing Bowl, Mangkuk Emas yang Digunakan Rara Pawang Hujan

23
Mengenal Terapi Singing Bowl, Mangkuk Emas yang Digunakan Rara Pawang Hujan

Selain aksi dari para pembalap MotoGP, tentu yang tidak kalah menjadi sorotan saat ajang balapan MotoGP 2022 Indonesia adalah sosok pawang hujan bernama Rara Istiati Wulandari. Pawang hujan perempuan ini mendadak viral setelah aksinya ketika Sirkuit Mandalika diguyur hujan.

Pawang hujan Rara hadir memperlihatkan sosoknya hadir tanpa alas kaki memakai jaket berwarna merah hitam, memakai helm putih sambil membawa mangkuk emas di pit lane para pembalap. Menariknya, setelah Rara melakukan ritual, hujan pun seketika berhenti setengah jam kemudian.

Mengenal Terapi Singing Bowl, Mangkuk Emas yang Digunakan Rara Pawang Hujan

Aksi dari Rara ini pun turut mendapatkan pujian dari para penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika. Bahkan, media asing pun turut memuji aksi pawang hujan yang pertama kali ada di Sirkuit Mandalika ini.

Dalam ritualnya ini terlihat Rara membawa mangkuk emas serta beberapa benda menyerupai batang lidi. Rupanya, mangkuk emas tersebut tidak hanya digunakan untuk ritual dari pawang hujan, melainkan juga kerap digunakan oleh masyarakat Tibet untuk alat terapi psikologis.

Diketahui, Mangkuk emas ini bernama singing bowl atau genta Tibet. Singing bowl adalah sejenis lonceng berbentuk mangkuk berwarna emas yang kerap digunakan oleh masyarakat Tibet. Ketika mallet (sejenis alat pemukul atau palu) diketuk dan digerakkan berputar mengelilingi permukaan, singing bowl akan mengeluarkan suara yang menenangkan.

Mengenal Terapi Singing Bowl, Mangkuk Emas yang Digunakan Rara Pawang Hujan

Dikutip dari Very Well Mind, singing bowl diyakini oleh masyarakat Tibet mampu untuk menyembuhkan ketika dimainkan. Metode alat terapi ini digunakan dengan cara pasien dibaringkan ke lantai, sementara itu mangkuk emas ini ditempatkan di sekitar tubuh atau di atas tubuh hingga di luar ruangan yang agak berjauhan dengan pasien.

Kemudian alat pemukul atau palu yang bernama mallet akan diketuk serta digerakkan melingkar mengitari pinggiran mangkuk. Suara yang keluar dari terapi singing bowldapat diatur dengan menyesuaikan gerakan di sekitar mangkuk.

Dipercaya metode terapi suara dari singing bowl dapat menyembuhkan berbagai kondisi medis, baik fisik maupun psikis. Manfaat psikologis serta rileksasi akan dirasakan dalam suara yang dihasilkan dari singing bowl seperti halnya mendengarkan musik.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut manfaat dari terapi singing bowl dalam kesehatan yang dipercaya masyarakat Tibet.

1. Menghilangkan stres

2. Meningkatkan kualitas tidur

3. Menurunkan tekanan darah

4. Mengurangi depresi

5. Merangsang sistem kekebalan

6. Pereda nyeri

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it