Mengenang Prestasi Legenda NBA Bill Russell di Boston Celtics

35
Mengenang Prestasi Legenda NBA Bill Russell

Baru-baru ini kabar duka datang dari salah satu legenda basket NBA, Bill Russell yang dikabarkan meninggal duia pada Minggu (31/7/22) waktu setempat di usianya yang ke-88 tahun.

“Bill Russell, pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun, bersama istrinya, Jeannine, di sisinya,” tulis pernyataan di akun Twitter resmi Bill Russell.

Mengenang Prestasi Legenda NBA Bill Russell

Bill Russell merupakan sosok ikonik yang pernah membela tim Boston Celtics pada tahun 1956. Dirinya merupakan pemain yang paling banyak meraih gelar NBA sepanjang sejarah dengan total 11 gelar yang diraihnya pada masa kejayaan Celtics.

Selain itu pria kelahiran Lousiana pada tahun 1934 lima kali terpilih sebagai Most Valueable Player (MVP) NBA dan 12 kali terpilih masuk tim All-Star. Dirinya tidak hanya berkecimpung di dunia basket, Bill Russell juga dikenal rajin menyuarakan keadilan sosial sepanjang hidupnya.

Mengenang Prestasi Legenda NBA Bill Russell

Hal menarik lain yang menjadi prestasi sekaligus sejarah di dunia NBA, berkat kariernya yang gemilang membuat nomor punggung “enam” miliknya sudah dipensiunkan. Hal tersebut menjadikan nomor punggung milik Bill Russell itu tidak akan lagi dipakai oleh pemain lain.

Sepanjang berkarier di NBA, Russell menorehkan rata-rata 15,1 poin, dan 22,5 rebound selama 13 musim dari 1956-1969. Nama Bill Russell pertama kali dimasukkan dalam Hall of Fame sebagai pemain tahun 1975 dan kemudian sebagai pelatih pada 2021.

Mengenang Prestasi Legenda NBA Bill Russell

Baca Juga: Mobil-Mobil Khusus Kepresidenan Akan Dipamerkan di Sarinah

Hal paling memoriable apa yang tidak bisa dilupakan dari sosok Bill Russell menurut Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it