Michelin Siap Jual Ban Tanpa Udara Tahun 2024

7

Ban tanpa udara saat ini sedang menjadi pembicaraan di kalangan otomotif. Salah satu produsen ban ternama, Michelin tengah mempersiapkan untuk menjual ban tanpa udara pada tahun 2024.

Penelitian serta pengembangan ban tanpa udara sudah dilakukan oleh Michelin selama kurang lebih lima tahun. Dibuatnya ban tanpa udara ini sebagai solusi untuk menghilangkan maspermasalahan ban kempis atau pecah pada ban udara.

Michelin memperkenalkan jenis ban tanpa udara bernama Uptis atau Unique Puncture-proof Tyre System. Konstruksi yang ditampilkan dalam ban tanpa udara ini dibuat secara khusus, dengan bentuk jari-jari yang kebal terhadap tusukan dan kerusakan.

Michelin berkolaborasi dengan General Motors (GM) serta sejumlah produsen mobil lainnya untuk memproduksi Uptis. Ban tanpa udara ini telah diperkenalkan Michelin pada ajang ajang International Motor Show Germany (IAA) tahun ini.

Michelin menyebut bahwa penumpang di pameran IAA mencoba merasakan ban Uptis, rasanya seperti menggunakan ban standar. Tidak ada perbedaan dalam sensasi berkendara antara ban udara dan tanpa udara.

Diketahui, Michelin Uptis menggunakan bahan aluminium dengan struktur penahan beban terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Komponen ini juga meliputi komposit karet fleksibel dan jari-jari yang dapat dideformasi. Disebut Uptis anti bocor serta cocok dipakai jenis pelek apapun.

DIprediksi Michelin Uptis akan dijual dengan harga $40 hingga $65 atau setara Rp 568.566 sampai Rp 923.968 ribu. Michelin telah mengumumkan akan memasarkan ban Uptis pada tahun 2024.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it