Microsoft ‘Pensiunkan’ Windows 7 dan Windows 8.1 Hari Ini

4

Microsoft mengumumkan tak lagi memberikan dukungan terhadap Windows 7 Professional dan Enterprise serta Windows 8.1 per Selasa (10/1) hari ini. Microsoft pun meminta kepada pengguna Windows 7 Professional, Enterprise dan Windows 8.1 untuk mengupdate perangkatnya.

Dukungan dimatikan untuk Windows 7 Professional, Enterprise dan Windows 8.1 oleh Microsoft. Sementara itu, Windows 10 juga akan dihentikan pembaruannya pada 2025 mendatang.

“Sebagian besar perangkat Windows 7 tidak akan memenuhi persyaratan perangkat keras untuk upgrade ke Windows 11, sebagai alternatif, PC Windows 7 yang kompatibel dapat ditingkatkan ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal perangkat lunak versi lengkap,”demikian dikutip dari keterangan Microsoft.

“Sebelum berinvestasi dalam pemutakhiran Windows 10, harap pertimbangkan bahwa Windows 10 akan mencapai akhir masa dukungannya pada 14 Oktober 2025,” lanjut perusahaan.

Berdasarkan data dari Statcounter GlobalStats, Windows 7 saat ini masih digunakan lebih dari 11 persen dari semua sistem Windows di seluruh dunia. Sedangkan, Windows 8.1 digunakan oleh 2,59 persen pelanggan Microsoft.

Dukungan terhadap Windows 7 dan 8.1 juga akan dihentikan oleh Google Chrome. Google Chrome tak lagi support  Windows 7 dan 8.1 pada Februari bulan depan.

Pentingnya pengguna untuk terus memperbarui Windows mereka dikarenakan komputer masa kini lebih cepat dan canggih. Dan itu, dapat berjalan maksimal dengan menggunakan Windows 11.

“Komputer sekarang secara substansial lebih cepat, kuat, dan tipis serta langsung memiliki Windows 11 di dalamnya,” tambah Microsoft.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it