Miliki 100 Gerbong, Swiss Pecahkan Rekor Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia

369

Swiss berhasil memecahkan rekor kereta penumpang terpanjang di dunia dengan memiliki panjang 1,9 kilometer. Kereta ini memiliki 100 gerbong dan berkapasitas 4.550 kursi.

Dilansir dari laman Euronews, The Rhaetian Railway, yang merupakan operator kereta Swiss baru-baru ini telah berhasil mengoperasikan kereta penumpang terpanjang di dunia. Kereta ini membawa 150 penumpang melewati 22 terowongan, wilayah pegunungan, dan 48 jembatan, termasuk jembatan melengkung Landwasser Viaduct.

Perjalanan yang ditempuh kereta tersebut sejauh 25 kilometer dari Preda ke Bergun melalui Pegunungan Alpen di Swiss. Pengoperasian kereta penumpang terpanjang ini dalam rangka merayakan ulang tahun ke-175 kereta api di Swiss.

Pencapaian ini adalah rekor dunia baru dalam sejarah kereta penumpang terpanjang di dunia, dengan panjang 1,9 kilometer. Hal tersebut sekaligus membuktikan  pencapaian permesinan Swiss.

“Kami memiliki peringatan hari jadi 175 tahun Swiss Railways, dan upaya rekor dunia ini harus jadi salah satu peristiwa besar dari peringatan ini,” ujar CEO Rhaetian Railway, Dr Renato Fasciati.

Baca Juga: Untuk Pertama Kali Setelah 20 Tahun, WHO Sebut Kasus TBC Kembali Meningkat

Melalui pemecahan rekor ini, Fasciati berharap agar para penumpang kereta dari negara lain dapat melihat keindahan pemandangan di Swiss yang memukau.

“Pemandangannya seperti musim panas di India. Jadi, Anda melihat pohon-pohon di lembah yang indah ini, jalur kereta api ini punya banyak jembatan dan terowongan spiral,” terang Fasciati.

“Ini adalah jembatan dengan radius 100 meter, kemudian jalur masuk langsung ke permukaan batu, ke terowongan, dan ini benar-benar fantastis,” sambungnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it