Mobil Terbang Pertama di Dunia Sudah Dapat Dipesan!

145
Mobil Terbang Pertama di Dunia Sudah Dapat Dipesan!

Proyek mobil terbang sebentar lagi tidak hanya sekedar angan-angan. Mobil terbang pertama di dunia bernama Model A sudah dapat dipesan dan akan dikirim pada akhir tahun 2025.

Diungkap oleh Alef Aeronautics, mobil terbang Model A ini menjadi kendaraan terbang pertama yang juga dapat dikendarai di jalan umum. Layaknya seperti mobil biasa, Model A juga dapat diparkir seperti mobil umumnya.

Disebutkan Model A hanya dapat membawa satu atau dua penumpang. Jarak tempuh dari mobil terbang ini sekitar 321 km di darat dan 177 km di udara. Ketika berada di jalanan aspal, Model A hanya dapat melaju hingga 40 km per jam.

Mobil Terbang Pertama di Dunia Sudah Dapat Dipesan!

Sebelumnya, Model A juga telah mendapatkan izin resmi dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat untuk uji coba umum di jalan dan langit sebelum dirilis ke publik.

“Model A adalah 100 persen listrik, dapat dikendarai di jalan umum dan memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal,” ungkap pernyataan resmi perusahaan, mengutip USA Today, Senin (3/7).

Mobil Terbang Pertama di Dunia Sudah Dapat Dipesan!

CEO perusahaan Jim Dukhovny mengungkapkan Model A akan mencatatkan sejarah sebagai mobil terbang pertama di dunia, yang dapat berjalan di jalanan umum hingga diparkir selayaknya mobil pada umumnya.

“Pentingnya sejarah ini tidak bisa dilebih-lebihkan. Meski sudah ada perintis seperti Terrafugia, Paul Moller, dan Henry Ford, ini pertama kalinya sebuah kendaraan, dalam pengertian tradisional (parkir dan berkendara seperti mobil, berfungsi seperti mobil, terlihat seperti mobil), mendapat izin untuk terbang,” kata Dukhovny.

“Penting juga bahwa Alef adalah mobil listrik pertama yang mendapat izin untuk terbang. Dan, yang tak kalah pentingnya, kemampuan untuk lepas landas secara vertikal adalah inti dari konsep kebanyakan orang tentang mobil terbang,” tuturnya menambahkan.

Direncanakan mobil terbang ini akan dikirim ke publik pada akhir tahun 2025 mendatang. Mobil terbang tersebut dibanderol mulai US$300.000 atau setara Rp4,5 miliar.