Motor Listrik “Boltie” Made In Bali, Usung Gaya Sepeda BMX

33
Motor Listrik

Tidak kalah dengan teknologi yang ada di luar negeri, bengkel Backyard Customs asal Bali menciptakan sebuah motor listrik yang diberi nama Boltie. Berbeda dengan kebanyakan motor listrik di pasaran, motor Boltie ini mengusung desain seperti sepeda BMX.

Motor Listrik "Boltie" Made In Bali, Usung Gaya Sepeda BMX

Hadir kembali sebuah karya anak bangsa yang membanggakan dengan menciptakan sebuah karya motor listrik bernama Boltie. Hal ini dilakukan oleh bengkel Backyard Customs yang berlokasi di Bali berkolaborasi dengan North Will Workchop (NHW) dari Bandung.

Motor Listrik "Boltie" Made In Bali, Usung Gaya Sepeda BMX

Dilansir dari Kumparan, motor listrik Boltie ini diperkenalkan pada 5 Juni 2021, bertepatan dengan Hari Lingkungan Dunia didukung penuh oleh Medco Foundation selaku yayasan yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

Builder dari motor Boltie, Arfan mengaku jika ide awalnya tercipta motor listrik custom saat Work From Home (WFH). Bersama dengan rekannya Jacky sebagai lead designer akhirnya ia mewujudkan motor listrik bernama Boltie.

“Akhirnya saat pandemi ini baru terwujud, utamanya karena WFH itu kan. Terutama saya dan Jacky ingin membuat yang berbeda akhirnya kita mulai proyek e-bike ini,” kata Arfan dikutip dari Kumparan.

Motor Listrik "Boltie" Made In Bali, Usung Gaya Sepeda BMX

Mengenai desain, motor Boltie ini nampak seperti layaknya sepeda BMX. Bedanya, di sisi kiri motor Boltie terdapat penyanggah yang digunakan untuk tempat dari papan surfing.

Seperti diketahui, Bali memang terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat cocok untuk melakukan surfing. Alasan inilah yang membuat mereka membuatkan khusus tempat untuk papan surfing di bagian sisi motor listrik Boltie.

Untuk spesifikasinya, motor Boltie memiliki  dinamo listrik berkapasitas 3.000 Watt, baterai 72 Volt 30 ah, dan Kelly Controller. Diklaim Boltie dapat melaju hingga kecepatan 120 km/jam.

Arfan mengatakan bahwa dalam pengerjaan motor listrik Boltie sendiri memakan biaya Rp 75 hingga Rp 85 juta.

Baca Juga : Musik Tradisional Dari Berbagai Negara Ini Cocok Untuk Meditasi Atau Yoga

Namun begitu, motor Boltie ini masih dalam proses pengembangan. Arfan mengharapkan motor listri Boltie nantinya bisa menempuh jangkauan 50 sampai 60 kilometer.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it