Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Wajib Vaksin Booster

14
Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Wajib Vaksin Booster

Mulai hari ini, Senin, 29 Agustus 2022, PT Angkasa Pura II telah mewajibkan penumpang pesawat di bandara yang dikelolanya agar sudah mendapatkan vaksin disis ketiga atau booster.

Peraturan tersebut senada dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor SE 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19. VP of Corporate Communication AP II Akbar Putra Mardhika mengatakan perseroan bersama seluruh stakeholder bandara memastikan penerapan SE Kemenhub Nomor 82/2022 dapat berjalan lancar.

Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Wajib Vaksin Booster

“AP II dan stakeholder berkolaborasi penuh sehingga di tengah pandemi Covid-19, setiap bandara AP II dapat beroperasi secara tangguh, cepat beradaptasi dan bergerak cepat dengan mengutamakan kerampingan operasional. Sejalan dengan hal ini, bandara AP II dapat beroperasi dengan baik di tengah dinamisnya regulasi saat pandemi,” kata Akbar dalam keterangan tertulis mengutip dari CNNIndonesia (29/08/22).

Tertuang dalam SE Kemenhub 82/2022, bahwa penumpang pesawat rute domestik dengan usia 18 tahun ke atas wajib mendapatkan vaksin booster. Sementara, untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Wajib Vaksin Booster

Selain itu, bagi PPDN di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari syarat vaksinasi namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan yaitu vaksin booster. Di sisi lain, apabila PPDN dengan penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksinasi maka dikecualikan dari syarat vaksinasi dan digantikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Baca Juga: Berikut Produk Apple Series yang Direncanakan Rilis September 2022

Sebagai informasi, bandara yang dikelola Angkasa Pura II masih membuka sentra vaksinasi booster bagi penumpang pesawat. Salah satu bandara yang membuka sentra vaksinasi booster adalah Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta terdapat di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Sudahkah Brava Listeners mendapatkan vaksis booster?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it