Mundur Dari CEO, Ini Keteladanan Jeff Bezos Sebagai Pimpinan Amazon

42
Jeff Bezos
Jeff Bezos

Salah satu pengusaha terkaya di dunia, Jeff Bezos, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Amazon. Posisi nantinya bakal digantikan oleh Andy Jassy pada kuartal ketiga 2021.

Namun begitu, Jeff Bezos masih turut ambil bagian di Amazon. Jeff nantinya akan mengisi posisi di Amazon sebagai Ketua Eksekutif Dewan.

Setelah 25 tahun lamanya sebagai pimpinan Amazon, Jeff banyak meninggalkan keteladanan yang patut ditiru sebagai seorang bos. Bahkan, hal ini pun diakui oleh karyawan-karyawan yang pernah berkerja langsung dibawah Jeff.

Berikut prinsip yang bisa diambil dari keteladanan Jeff Bezos sebagai seorang pemimpin.

Hasil Bukanlah Yang Terpenting

Jeff Bezos
Jeff Bezos

Sebagai pemimpin, tentu hasil akhir menjadi tujuan yang ditargetkan dalam suatu perusahaan. Tapi bagi Jeff Bezos, hasil bukanlah satu-satunya hal yang harus difokuskan.

Jeff Bezos pernah mengatakan jika ia tidak hanya memikirkan keuntungan semata di Amazon. Hal yang ia tekankan justru pada tumbuh dan berkembangnya perusahaan meski hasil yang dituju masih terlihat jauh.

“Dengar, saya tidak peduli dengan pendapatan dan keuntungan. Jika Anda ingin memintaku bertanggung jawab atas pendapatan dan keuntungan, maka Amazon bukanlah saham yang harus Anda beli.” ucap Jeff Bezos.

Baca Juga : Pemilik Tesla Diajak Kolaborasi dengan Kaesang

Mendidik Karyawan

Jeff Bezos
Jeff Bezos

Hal yang patut dicontoh dari Jeff Bezos ketika menjabat CEO dari Amazon ialah tentang bagaimana cara mendidik karyawannya. Salah satu cerita datang dari karyawan Amazon yang bergerak di bidang Web Services.

Ia menceritakan bagaimana cara Jeff menolak secara halus serta dengan memberikan penjelasan yang logis.

“Tim saya mempunyai ide untuk program loyalitas. CIO kami, Rick Dalzell, mengadakan pertemuan dengan Jeff, dan ia mengatakan bahwa itu bukan ide yang bagus untuk Amazon.” ucap salah satu karyawan Amazon itu.

“Kemudian saya bertanya kepadanya, ‘Bisakah Anda menjelaskan alasannya?’ Dia dapat dengan mudah memecat saya, tapi dia dengan sabar menjelaskan mengapa gagasan kami tidak baik untuk perusahaan tapi akan bagus untuk penerapan bisnis lain.”

“Ketika itu juga, saya mempelajari dua hal, salah satunya adalah kejernihan pikiran yang saya lihat dari Jeff. Hal itu memaksa saya untuk berpikir.” tambahnya.

Dekat Dengan Pelanggan

Jeff Bezos
Jeff Bezos

Pelanggan merupakan fokus utama yang dibangun oleh Jeff Bezos dalam membangun Amazon. Bahkan, Jeff sengaja membuat tim kecil yang bertugas untuk mengurusi hal-hal yang menyangkut kebutuhan pelanggan.

Salah satu cerita dari karyawan yang mengurusi pengelolaan keuangan mengatakan jika Jeff Bezos sangat peduli dengan pelanggannya. Kesalahan yang ia lakukan mengharuskannya membatalkan pesanan yang sudah di pesan oleh pelanggan. Namun, hal itu ditolak oleh Jeff, meskipun harus merugikan perusahaan.

Share it