5 Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa

742

Menjaga kesehatan selama berpuasa menjadi hal yang sangat penting. Agar tubuh tetap sehat, tidak cukup hanya mengatur kadar nutrisi yang masuk dalam tubuh, olahraga juga perlu saat berpuasa.

Namun, olahraga seperti apa yang baiknya dilakukan saat puasa? Menurut Fransisca A. Tjakradidjaja, dr. MS, SpGK, Dokter Gizi dari Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, sebagaimana dilansir Rumah.com, menyampaikan:

“Jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan bukan jenis olahraga berat. Lamanya bisa 30 menit – 1 jam. Waktunya lebih baik di dekat waktu berbuka, sehingga dapat cepat melakukan recovery.”

Jadi jenis olahraga apa saja yang baik dilakukan, berikut rekomendasinya.

1. Bersepeda
Bersepeda dapat membuat Anda lebih bugar walaupun sedang berpuasa. Cukup bersepeda selama 30-45 menit, Anda sudah membakar sekitar 300-350 kalori.

2. Bowling
Olahraga yang condong ke permainan ini dapat Anda lakukan selagi menunggu jam berbuka. Bowling setara dengan olahraga angkat beban, sehingga olahraga ini bagus untuk menguatkan otot dan melatih keseimbangan badan Anda.

3. Jogging / treadmill
Untuk menjaga kebugaran tubuh, jogging dengan intesitas ringan dapat di lakukan selama berpuasa. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk mencegah dehidrasi berlebihan.

4. Renang
Karena olahraga ini cukup menghabiskan energi, Anda cukup melakukannya kurang lebih 30 menit untuk mengisi waktu berbuka. Berenang selama 30 menit dapat membakar 360-420 kalori. Namun Anda harus berhati-hati dalam melakukan olahraga ini. Karena Anda harus mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

5. Berjalan
Kegiatan yang biasa di lakukan ini ternyata mampu menjaga kebugaran tubuh. Berjalan selama 30 menit sebelum berbuka juga dapat menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Anda juga bisa melakukan jalan cepat.

[teks onne / berbagai sumber | foto pixabay ]

Share it