Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

81
Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan kasus varian baru virus corona, Omicron pertama terdeteksi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menkes melalui siaran langsung kanal YouTube Kemenkes RI pada hari ini, Kamis (16/12/2021).

Diketahui, orang yang terdeksi tertular varian Omicron adalah salah satu petugas kebersihan di RS Darurat Wisma Atlet Jakarta. Sebelumnya, ada tiga sample pasien yang diambil secara rutin oleh dokter Wisma Atlet. Kemudian, ditemukan 3 pekerja terkonfirmasi positif, tetapi hanya 1 pasien yang positif Omicron.

“Kementerian kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien N, inisialnya, terkonfirmasi omicron pada tanggal 15 Desember,” kata Menkes.

“Data-datanya juga sudah kami konfirmasikan ke GISAID dan sudah dikonfirmasikan kembali dari GISAID bahwa memang data ini benar data sequencing dari omicron,” tambahnya.

Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

Namun, Menkes mengatakan agar masyarakat Indonesia tidak perlu panik. Selain itu, juga tetap patuhi protokol kesehatan, melakukan vaksinasi lebih cepat serta tidak berpergian ke luar negeri.

Terdapat cara pencegahan agar terhindari dari Omicron yang saat ini sudah masuk di Indonesia. Diketahui, bedasarkan studi terbaru, varian Omicron kemungkinan besar akan menyebar lebih mudah daripada virus SARS-CoV-2.

Cuci Tangan

Pencegahan virus Omicron dengan virus SARS-CoV-2 sebetulnya hampir sama. Salah satunya adalah dengan menerapkan kebersihan seperti sering cuci tangan sehabis beraktivitas.

Cuci tangan dengan sabun dan air dapat mengurangi resiko terpapar virus Corona. Selain itu, jangan biasakan untuk menyentuh wajah saat Anda belum cuci tangan terlebih dahulu.

Vaksin Covid-19 Lengkap

Apabila Anda belum melakukan vaksin lengkap, segeralah untuk  vaksin lengkap Covid-19 dosis 1 dan 2, serta vaksin dosis ketiga atau booster untuk pasien yang membutuhkan.

Berdasarkan penelitian, vaksin Covid-19 dapat mengurangi resiko gejala parah. Selain itu, vaksin Covid-19 berguna sebagai pertahanan sistem imunitas tubuh.

Menjaga Jarak Minimal Satu Meter

WHO telah menjabarkan langkah yang paling efektif yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi infeksi dan mencegah Omicron. Salah satunya adalah dengan menjaga jarak fisik satu meter dari orang lain.

Meskipun Anda memiliki aktivitas yang cukup sibuk, namun harus tetap jaga jarak. Hindari kerumunan dan tempat nongkrong yang jaraknya tidak terkontrol.

Memakai Masker

Banyak orang yang menyepelekan dari penggunaan masker. Termasuk pemilihan masker yang telah teruji oleh medis.

Dijelaskan oleh WHO bahwa masker medis tiga lapis yang baik adalah terdiri dari lapisan luar yang kedap air pada bagian depan, lapisan penyaringan dengan kerapatan tinggi pada bagian tengah, dan lapisan penyerap cairan berukuran besar untuk menyerap cairan keluar ketika batuk atau bersin pada bagian dalam. Maka dari itu, pakailah masker dobel, dimana masker bedah atau medis di dalam dan masker kain di luar.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it