Orang Gunung Ternyata Lebih Cepat Menua Dibanding Orang Pantai

34
Orang Gunung Ternyata Lebih Cepat Menua Dibanding Orang Pantai

Tempat idaman setiap orang yang bisa memberikan suasana damai dan jauh dari ingar bingar kota ialah gunung dan pantai. Banyak orang yang ingin menghabiskan masa tua di gunung atau di pantai.

Kali ini Brava Radio akan mengupas info unik tentang orang yang tinggal di gunung dan di pantai. Jika dibandingkan, lokasi mana yang bikin lebih awet muda. Sejumlah ahli, salah satunya dipecahkan oleh penggagas teori relativitas yaitu Albert Einstein.

Orang Gunung Ternyata Lebih Cepat Menua Dibanding Orang Pantai

Karena relativitas umum menggambarkan gravitasi sebagai pelengkungan ruang dan waktu. Dengan begitu waktu bergerak lebih lambat pada ketinggian yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh dari Bumi, di mana pengaruh gravitasi lebih kecil.

Fisikawan di Institut Standar dan Teknologi Nasional (NIST) di Boulder, Colorado James Chin-wen Chou, mengungkapkan bahwa waktu sebenarnya bergerak lebih lambat bagi semua benda yang lebih jauh dari medan gravitasi seperti Bumi. Hal ini yang menyebabkan orang-orang di dataran tinggi menua lebih cepat daripada mereka di permukaan laut.

Apabila penduduk di puncak Gunung Everest yang tingginya 8.848 meter di atas permukaan laut selama 30 tahun, Maka akan menjadi 0,91 milidetik lebih tua daripada jika Anda menghabiskan 30 tahun yang sama di permukaan laut.

Orang Gunung Ternyata Lebih Cepat Menua Dibanding Orang Pantai

Demikian pula, jika anak kembar yang hidup di permukaan laut harus berpisah selama 30 tahun, dengan satu pindah ke Boulder, Colorado, setinggi 1.600 meter, kembaran yang tinggal di dataran tinggi akan lebih tua menjadi 0,17 milidetik dari saudara kembar mereka ketika mereka bersatu kembali.

Baca Juga: Lewandowski: Pada Ballon d’Or 2023 Messi Sulit Ditandingi

Lebih lanjut, para peneliti NIST menggunakan salah satu jam atom paling tepat di dunia untuk mendemonstrasikan waktu berjalan lebih cepat bahkan hanya 0,008 inci (0,2 milimeter) di atas permukaan bumi.

Tempat mana yang menjadi favorti Brava Listeners, gunung atau pantai?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it