Pabrik Tesla Akan Dibangun di Jawa Tengah

65

Kerjasama antara perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk, Tesla akan terjalin di Indonesia. Kabarnya Tesla akan melakukan investasi untuk membangun pabrik mobil listrik di Batang, Jawa Tengah.

Baru-baru in telah diadakan ipertemuan antara presiden RI Joko Widodo dengan Elon Musk di Amerika. Pertemuan tersebut disinyalin membahas mengenai pabrik produksi Tesla yang akan dibangun di Indonesia.

Elon Musk sendiri pernah mengatakan pada kuartal 1 2022 bahwa akan ada lokasi pabrik baru di akhir 2022. Sejauh ini pabrik Tesla berada di Austin, Texas; Freemont, California; Berlin, Jerman; dan Shanghai, China, yang dinilai belum cukup untuk memenuhi target produksi itu.

Perkiraan ini semakin diperkuat oleh pernyataan dari Menteri Investasi, Bahlil Lahdalia. Bahlil mengungkapkan bahwa Tesla akan segera berinvestasi membangun pabrik mobil listrik di Batang, Jawa Tengah.

“Di sana (Batang) akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, dan Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana,” ujar Bahlil.

Baca Juga: Ini Tampilan Skuter Listrik BMW CE 04, Siap Produksi Massal!

Dikabarkan tidak hanya pabrik mobil yang akan dibangun, tetapu juga ekosistem baterai mobil. Hal ini pun tentunya berdampak positif terhadap perekonomian di Jawa Tengah, terutama tenaga kerja di daerah sekitar yang dapat dipekerjakan.

Pekerja di daerah Solo akan diprioritaskan untuk dipekerjakan nantinya di pabrik Tesla. Hal ini dikarenakan Solo mempunyai Solo Techno Park (STP), yang dikenal sebagai sentra pendidikan vokasi yang cukup produktif beberapa waktu belakangan ini.

“Fasilitas pelatihan antara Batang dan Solo kan (Solo) lebih bagus. Harus diakui itu. Dengan kata lain, SDM Solo punya kemampuan lebih daripada rata-rata ketimbang di Batang. Kemudian yang lebih penting adalah STP di track paling cepat,” ujar Bahlil.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it