Panduan berlibur di Kota Portland

30

Beragam pilihan tempat mewah yang perlu Anda kunjungi untuk menikmati hidangan dan bermalam di The City of Roses.

Portland disebut sebagai kota paling populer atau trendi di dunia menurut Movehub (meski tahun lalu harus kalah dari Brighton). Suasana kotanya begitu hidup serta penuh dengan kreativitas dan berbagai pilihan tempat unik yang tersebar di segala penjuru. Di sini, Anda juga bisa menemukan Nike World Headquarters dan berbagai hotel-hotel baru termasuk The Hoxton.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang datang ke Portland baik untuk berbisnis maupun berlibur, menjadikan kota yang terletak di pesisir barat Amerika ini rumah baru mereka yang menyenangkan. Bagi Anda yang ingin berkunjung, kami telah menyusun tempat-tempat terbaik bagi Anda untuk menikmati kota terbesar di wilayah Oregon tersebut.

1. Bermalam di Hotel Jupiter Next

Hotel Jupiter menjadi salah satu tujuan populer bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman menginap yang cukup berbeda. Harga yang terjangkau, estetika urban, dan lokasi yang strategis di tengah daerah budaya bagian timur kota Portland menjadi alasannya.

Sekarang, pengunjung bisa mendapatkan lebih banyak pilihan untuk bermalam sebab telah dibuka sebuah hotel baru yang terletak tepat di sebelah hotel Jupiter. Ialah Jupiter Next, masih dalam satu payung yang sama dengan hotel Jupiter namun fasilitasnya lebih baik dan lebih modern.

Desain, seni, dan visinya yang asli masih dipertahankan, hanya saja hotel yang baru ini memiliki tambahan kamar-kamar mewah dan fasilitasnya. Anda dapat menikmati berbagai karya seni yang disuguhkan di sana, menikmati sedapnya segelas kopi di lobby bar, atau mengunjungi restoran Hey Love yang terletak di lantai dasar.

Hey Love sendiri merupakan hotel baru yang dibuka pada bulan November 2018 lalu dan terpilih menjadi restoran tercantik di kota Portland.

2. Mengunjungi Powell’s City of Books

Para pecinta buku tentunya tidak akan melewatkan Powell’s City of Books, sebuah toko buku baru terbesar di dunia. Berbeda dengan Barns & Noble di New York yang juga menjadi toko buku terbesar dilihat dari sisi besar bangunannya, Powell’s City of Books dinilai berdasarkan besarnya ukuran rak-rak buku yang mereka miliki.

Luangkanlah waktu Anda di sini untuk mencari buku-buku pilihan dari berbagai genre yang tertata dalam rak hingga setinggi langit-langit ruangan toko. Anda pun akan menemukan catatan rekomendasi dalam tulisan tangan dari para staf toko buku yang ditempelkan di setiap rak untuk mempermudah Anda dalam memilih buku. Powell‘s City of Books pun menjadi salah satu institusi besar di Portland.

3. Bersantap di Canard

Janganlah sesekali Anda meremehkan selera makan orang-orang di Portland. Warga Portland gemar makan dan mereka memiliki sajian yang tak kalah lezat. Sebuah restoran baru yang menyajikan masakan Prancis bernama Carnard didirikan oleh chef ternama pemenang penghargaan dari James Beard Foundation, Gabriel Rucker.

Sebelumnya, ia juga meluncurkan dua restoran favorit yaitu Little Bird Bistro dan Le Pigeon yang letaknya bersebelahan dengan Carnard. Sementara itu, nama Carnard sendiri diambil dari bahasa Prancis yang berarti bebek dan hoax.

Bedanya, restoran ini lebih kasual dibandingkan dua restoran Gabriel yang lainnya dan didesain supaya masakannya lebih mudah dinikmati oleh penikmat makanan dari segala penjuru. Bagi Anda yang berkunjung ke Portland, Carnard patut dicoba baik sebagai tempat untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

4. Santap siang sambil mengikuti tur food truck populer

Portland menganggap kotanya merupakan tempat asal kelahiran food truck. Hampir 700 food truck tersebar di seluruh penjuru kota tersebut. Anda berkesempatan untuk mengikuti tur bersama Brett Burmeister yang merupakan pemilik sekaligus managing editor dari Food Carts Portland, sebuah website tentang panduan kuliner di kota berjuluk The City of Roses tersebut.

Ia telah menelusuri dan mencatat berbagai kereta makanan yang ada di kota Portland sejak tahun 2008. Dengan passion yang dimilikinya dalam dunia kuliner dan bisnis lokal serta pengetahuannya akan sejarah kota Portland, tur bersama Brett tentu akan sangat menyenangkan dan berkesan. Anda pun akan mendapatkan sampel makanan dari sajian terbaik P-Town tepat di balik food truck.

5. Menikmati Live Music di Doug Fir

Bagi yang ingin menikmati suasana malam kota Portland, langkahkan kaki Anda menuju Doug Fir Lounge yang menjadi bagian dari Jupiter Hotel. Tempat ini patut dikunjungi meskipun Anda tidak bermalam di sana. Ketika memasuki ruangan, Anda akan disambut dengan nuansa hangat dan interior kayu yang menghiasi bar tersebut.

Di saat musim dingin, pengunjung akan dimanjakan dengan api unggun yang akan membangun suasana hangat dan nyaman layaknya berada di pondok kayu di daerah pegunungan. Sementara di saat musim panas, Anda dapat bersantai di area serambi outdoor dengan desainnya yang elegan.

Jika Anda tertarik dengan aksi band-band baru di Portland, Anda bisa mengunjungi lantai dasar bar untuk menikmati live music yang siap menghibur dengan persembahan lagu-lagu terbaik.

6. Mengunjungi Multnomah Whiskey Library

Portland dipenuhi dengan berbagai kilang anggur, tempat pembuatan bir, dan pembuatan minuman beralkohol lainnya. Dengan demikian, Anda akan memiliki banyak pilihan minuman di kota beervana ini. Jika Anda adalah penggemar wiski, tak lengkap rasanya bila mengunjungi Portland tanpa mampir ke Multnomah Whiskey Library.

Tempat tersebut merupakan salah satu fasilitas kota yang paling dipertahankan. Anda bisa menikmati berbagai racikan minuman yang disediakan di sini sembari bersantai di atas kursi yang ditata cukup unik, yakni tak ada kursi yang seragam di setiap mejanya.

Baik wiski atau cocktail, semua pilihan tersedia di Whiskey Library untuk setiap orang. Bila Anda ingin mengetahui segala hal tentang wiski dan minuman beralkohol lainnya, silakan bertanya kepada para petugas yang siap melayani dengan pengetahuan mereka yang tak terbatas.

Hanya saja, masuk ke dalam Whiskey Library tak semudah yang Anda bayangkan. Bar ini hanya melayani pemesanan walk-in kecuali Anda memiliki tanda keanggotaan Whiskey Library, dan mereka menerapkan sistem yang datang pertama akan dilayani terlebih dahulu.

7.Menikmati hidangan di Toro Bravo

Usai menikmati hidangan Prancis, Anda bisa merasakan kelezatan masakan Spanyol di Toro Bravo, sebuah restoran dengan nuansa vibrant yang didirikan oleh chef John Gorham. Menu tapa dan charcuterie yang disajikan di restoran tersebut selalu bergilir setiap harinya dan disesuaikan dengan variasi produk-produk lokal sehingga Anda tidak akan bisa menebak apa yang tersaji di atas meja makan Anda.

Namun apapun hidangan yang mereka persembahkan tentunya memiliki kelezatan yang tiada banding.

Toro Bravo juga memiliki banyak pilihan wine yang berasal langsung dari Spanyol dan wilayah barat laut pasifik Amerika. Dengan demikian, Anda bisa menikmati sajian lokal yang otentik di sini. Ragam hidangan favorit yang ada di Toro Bravo akan selalu mengundang Anda untuk datang kembali dan terus mencoba berbagai makanan dan minumannya.

8. Mengunjungi Japanese Garden

Oregon mungkin bukan tempat terbaik sebagai destinasi untuk mencari taman bergaya khas Jepang, namun nyatanya Portland memilikinya dan menjadi salah satu yang terbaik yang bisa Anda temukan di luar Jepang.

Sebuah area hijau yang tenang sebesar 12 hektar diisi dengan delapan taman dengan konsep yang berbeda-beda, termasuk di antaranya adalah sungai berkelok atau meander yang dipenuhi ikan koi, jembatan yang berdiri indah dan jalan-jalan setapak, serta sebuah rumah teh otentik Jepang.

View this post on Instagram

In the final days of 2018, please remember Portland Japanese Garden in your year-end giving plans. Our stewardship of this Portland treasure continues 365 days a year and relies on your contributions to our annual operating fund. Your gift allows our eight full-time gardeners to maintain the Garden at the highest level and provides the funding needed to preserve precious artifacts like our 200-year-old Antique Gate. Your gift today will bring you the joy and satisfaction of supporting values and a mission you believe in: art of craft, connection to nature, experience of peace. Please follow the link in our bio to make a donation. #portlandjapanesegarden Photo: Julia Taylor

A post shared by Portland Japanese Garden (@portlandjapanesegarden) on

Suasana di Japanese Garden ini begitu tenang, sehingga Anda akan merasa lebih damai setelah meninggalkan tempat ini dibandingkan ketika baru menjejakkan kaki memasuki taman. Japanese Garden akan nampak lebih sempurna terutama bila Anda mengunjunginya di saat musim gugur, sebab daun-daun di sana sudah mulai menguning.

Berbicara mengenai lokasi, Japanese Garden pun terbilang strategis karena letaknya berdekatan dengan Rose Garden yang terkenal. Taman bunga mawar tersebut menyimpan lebih dari 10.000 bunga yang terdiri dari sekitar 650 ragam mawar serta menyajikan pemandangan kota dan gunung Hood yang menakjubkan.

(Penulis: Sarah Karmali; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)

Artikel ini sudah tayang di Harpers Bazaar Indonesia

Share it