Parkour, Olahraga Ekstrim Penuh Manfaat

602

Parkour bukan sekadar aksi ekstrim yang mengandalkan kekuatan tubuh untuk melompat tinggi sembari beratraksi. Tapi, ada manfaat kesehatan dari melakukan olahraga asal Perancis ini.

Parkouratau l’art du déplacement atau lebih dikenal dengan istilah parkour adalah olahraga lari bebas yang dilakukan dengan prinsip kemampuan tubuh manusia. Olahraga ini mengatur cara berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan efisien.  Agar mampu berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain, seorang Traceur [sebutan untuk pelaku olahraga Parkour] harus berlari, melompat, memanjat bahkan jungkir balik serta berbagai cara lainnya.

Tentu saja itu bukan hal mudah untuk dilakukan. Traceur harus berlatih dengan sungguh-sungguh, agar bisa melakukan trik-trik parkour. Mereka juga perlu mengatur emosi untuk memupuk keberanian dan  mengusir rasa takut. Sebab, tak jarang Traceur harus melompat dari atap suatu bangunan tinggi ke bangunan tinggi lainnya dengan gap yang cukup jauh.

Jika sudah menguasainya, Traceur akan terlihat hebat dan mengundang decak kagum. Tapi, parkour bukan sekadar olahraga ekstrim yang bisa memamerkan kehebatan atletis tubuh. Seperti dilansir Medical Daily, ada manfaat lain yang didapat ketika menekuni olahraga tersebut.

1. Mengolah tubuh

Parkour adalah olahraga yang memerlukan pergerakan untuk memindahkan semua bagian tubuh sehingga diperlukan latihan kardiovaskuler yang membuat pelakunya mendapatkan tubuh yang fit.

2. Berpikir cepat

Ketika melakukan parkour, seorang Traceur harus berlari, melompat dan memanjat  untuk  melewati rintangan dengan kecepatan tinggi. Mereka juga harus cepat mengambil keputusan ketika menghadapi obstacle tertentu. Jika ragu sedikit saja, bukan tidak mungkin Traceur akan jatuh atau menabrak rintangan. Maka, parkour melatih pelakunya untuk berpikir cepat.

3. Membangun kepercayaan diri

Tanpa rasa percaya diri, Traceur akan penuh keraguan dalam melewati rintangan. Jika sudah menguasainya, rasa percaya diri ini juga akan menular terhadap aktivitasnya yang lain di luar parkour.

Mau mendapat manfaat tersebut, Brava Listeners? Mulailah berlatih parkour untuk menjadi Traceur.

[Teks: @Moeha | Foto: redbull.com]

Share it