Patung Transparan Tidak Berwujud Tembus Rp 261 Juta

64
Patung Transparan Tidak Berwujud Tembus Rp 261 Juta

Apakah Brava Listeners berminat jika ada yang menawarkan sebuah karya seni berupa patung transparan yang tidak ada wujudnya seharga satu buah mobil? Karya seni aneh dari seniman bernama Salvatore Garau ini ternyata ada peminatnya dan dijual seharga €15,000 atau sekitar Rp 261 juta.

Nilai dari suatu karya seni memang tidak hanya bisa dilihat dari luarnya saja. Namun, terkadang filosofi yang terkandung di dalamnya membuat nilai suatu karya seni membuat harganya menjadi tidak masuk akal.

Patung Transparan Tidak Berwujud Tembus Rp 261 Juta

Termasuk salah satunya patung immaterial alias tidak berwujud yang diberi judul “lo sono” yang berarti Aku, telah terjual di Art Rite Auction House di Italia oleh Salvatore Garau. Seniman tersebut menjelaskan bahwa patural immaterial atau tidak berwujud ini hanya dapat dilihat dari benak kreatornya.

“Terjualnya karya ini di pelelangan menunjukkan fakta yang tak bisa dibantah: kekosongan yang ada adalah ruangan yang penuh dengan energi, dan meski kita mengosongkannya hingga tanpa isi, sesuai dengan hukum ketidakpastian Heisenberg bahwa kehampaan punya bobot,” ujar Salvatore Garau.

“Karena itu, energi akan mengendal dan mengubah wujudnya menjadi partikel, dengan kata lain, menjadi kita! Ketika aku menciptakan patung immaterial di sebuah ruangan.”

“Ruangan tersebut akan terkonsentrasi dan menjadi pemikiran yang padat, menciptakan patung dengan wujud yang beragam rupa. Bagaimanapun, bukankah kita semua memberikan wujud pada Tuhan yang kita tak pernah lihat?”

Baca Juga : Harga Sepeda Anjlok, Gaya Hidup Masyarakat Berubah?

Perlu perawatan khusus untuk menjaga patung transparan ini dengan ditempatkan di lokasi berukuran 150 x 150 cm dan bebas dari halangan dengan pengaturan cahaya dan iklim.

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it