Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Jadi Sorotan Banyak Media Asing

57
Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Jadi Sorotan Banyak Media Asing

MotoGP 2022 Indonesia telah sukses terselenggara di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022) WIB. Selain aksi para pembalap dari MotoGP, sorotan pun juga terpusat pada aksi pawang hujan di MotoGP Mandalika.

Cuaca sempat diguyur oleh hujan ketika akan dimulainya ajang MotoGP Mandalika. Akibatnya, cuaca buruk ini membuat jam balapan dari MotoGP pun mengalami pengunduran.

Ketika hujan terus-menerus membahasi Sirkuit Mandalika, tiba-tiba muncul sosok pawang hujan perempuan yang berjalan di depan pit lane. Sambil berjalan tanpa alas kaki, pawang hujang bernama Rara Istiati Wulandari ini memakai jaket berwarna merah hitam, memakai helm putih dan membawa mangkuk emas serta beberapa benda menyerupai batang lidi.

Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Jadi Sorotan Banyak Media Asing

Hal ini pun menjadi sorotan para penonton di Sirkuit Mandalika hingga para pembalap MotoGP ikut menonton aksi dari pawang hujan tersebut. Saat melakukan ritualnya, aksi sang pawang hujan ini pun terekam oleh kamera televisi.

Menariknya, setelah melakukan ritual dari pawang hujan ini, hujan pun seketika berhenti setengah jam kemudian. Balapan pun akhirnya dilanjutkan kembali dengan kemenangan rider tim KTM, Miguel Oliveira.

Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Jadi Sorotan Banyak Media Asing

Sorotan pun terpusat pada sosok pawang hujan Rara Istiati Wulandari. Hingga beberapa media asing mengaku takjub atas aksi dari pawang hujan tersebut serta memuji keunikan tradisi yang dimiliki oleh negara tersebut.

Salah satunya dari akun Instagram resmi dari MotoGP. AKun tersebut memuji kehebatan dari pawang hujan Indonesia yang mampu memberhentikan hujan. Aksi dari pawang hujan ini pun turut juga ditiru oleh pembalap MotoGP, Fabio Quartararo, yang memutarkan sendok dalam sebuah mangkok sambil menirukan gaya dari pawang hujan.

https://www.instagram.com/p/CbVir3CoE9M/

“Terima kasih telah memberhentikan hujan #IndonesianGP.” tulis akun Instagram MotoGP.

Ada juga media Italia bernama La Gazzetta dello Sport yang menuliskan artikel berjudul “MotoGP: Tarian Hujan yang Luar Biasa dari Dukun Bertelanjang Kaki” dalam bahasa Italia. Media Spanyol,  Marca pun turut menampilkan ritual pawang hujan dalam galeri foto berjudul “Dukun, Banjir, Presiden… Indonesia Sungguh Unik”.

Selain itu, media Jerman, Speedweek menuliskan artikel berjudul “Lombok: Apa yang Bisa Dilakukan Dukun Sekarang?”. Dalam berita tersebut dituliskan “Mampukah dukun hujan perempuan menyelamatkan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang diguyur hujan? Rupanya berhasil,” tulis Speedweek.

Rara Istiati Wulandari sendiri diminta oleh Menteri BUMN, Erick Thohir untuk jadi pawang hujan di Sirkuit Mandalika. Ia juga mengatakan sebelumnya pernah menjadi pawang hujan di beberapa event besar.

“Saya sebagai tim doa pawang hujan yang direkomendasikan Pak Erick Thohir (Menteri BUMN),” ujar Rara.

“Dan sering mengawal event-nya Presiden Jokowi dan event kenegaraan lain, bersama dengan tim ITDC dan Pak Hadi Tjahjanto sebagai koodinator lapangan melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa,” lanjutnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it