Pesan Melegenda Jack Ma Untuk Tingkatan Usia Dari 20 Hingga 50 Tahun

2213

Siapa yang tidak mengenal dengan sosok pendiri Alibaba, Jack Ma. Di bawah kepemimpinannya, Alibaba menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling bernilai di dunia. Jack Ma pun pernah berpesan menganai apa saja yang seharusnya dilakukan kebanyakan orang berdasarkan dari tingkatan usianya.

Jack Ma sendiri lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. Untuk mencapai kesuksesannya sekarang ini tentu bukan hal yang mudah bagi seorang Jack Ma. Sudah puluhan bahkan ratusan kegagalan pernah dialami oleh Jack Ma.

Ia sendiri juga pernah mendaftar di lebih dari 30 pekerjaan. Berita buruknya Ma ditolak di 30 perusahaan tersebut. Jack Ma juga pernah ditolak di kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya Ma yang ditolak.

Ketika ia berkenalan dengan internet pada tahun 1995, mulai saat itu lah hidup Jack Ma berubah. Hingga ia mampu menjadi pendiri perusahaan teknologi yang paling bernilai di dunia, Alibaba.

Jack Ma pun berpesan kepada setiap orang agar mempelajari sesuatu yang harus dilakukannya dari setiap usia mereka saat ini. Pesan ini diberikan oleh Jack Ma untuk yang berusia 20 hingga 50 tahun.

Untuk Usia 20 Tahun

Pesan Melegenda Jack Ma Untuk Tingkatan Usia Dari 20 Hingga 50 Tahun

Jack Ma berpesan kepada anak muda yang berusia 20an tahun untuk tidak takut terhadap kesalahan. Justru di usia 20an, harus banyak masalah yang diciptakan.

“Jika kamu berusia 25 tahun, jangan khawatir. Setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik untuk kalian.” ucap Jack Ma.

Selan itu, Jack Ma juga menyarankan di usia 20an, seseorang harus bekerja dengan pemimpian yang mampu mengajarinya dengan baik. Menurut Jack Ma, tidak penting Anda bekerja dimana, tapi yang lebih terpenting adalah bos mana yang Anda punya di tempat kerja.

“Sebelum memasuki usia 30 tahun, ikutilah seseorang. Bekerjalan di perusahaan kecil. Ketika kamu bekerja di perusahaan kecil, kalian belajar tentang semangat dan impian.” kata Jack Ma.

“Sebelum usia 30 tahun, bukan masalah dimana perusahaanmu tapi siapa bosmu. Bos yang baik mengajarimu dengan baik.” lanjutnya.

Untuk Usia 30 Tahun

Pesan Melegenda Jack Ma Untuk Tingkatan Usia Dari 20 Hingga 50 Tahun

Di usia 30 tahun menurut Jack Ma seseorang sudah harus memikirkan membuat bisnis sendiri. Hal ini harus dipikirkan sejak usia 30 tahun hingga 40 tahun agar suatu saat dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Usia dari 30-40 tahun Anda harus berpikir untuk bekerja untuk dirimu sendiri. Jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha.” ujarnya.

Untuk Usia 40 Tahun

Pesan Melegenda Jack Ma Untuk Tingkatan Usia Dari 20 Hingga 50 Tahun

Memasuki usia 40 tahun, Jack Ma menuturkan agar seseorang memfokuskan diri dengan pilihan. Jangan berpindah ke bidang lain, dikarenakan tingkat kegagalan akan semakin tinggi. Kuncinya di usia 40 tahun adalah fokus terhadap satu hal yang benar-benar kita kuasai.

“Jika usiami 40-50 tahun, kalian harus melakukan sesuatu sesuai kemampuan kalian. Jangan melompat ke bidang lain. Sudah terlambat. Kalian mungkin berhasil, tapi tingkat kegagalan terlalu besar.” ucap Jack Ma.

“Jadi, jika usiami 40-50 tahun, pikirkan bagaimana Anda fokus pada sesuatu sesuai kemampuan Anda.” tambahnya.

Baca Juga : Pria Asal China Ini Gugat Tesla Karena Merasa Tertipu, Tak Disangka Menang dan Dapat Uang Rp 3 Miliar

Untuk Usia 50 Tahun

Pesan Melegenda Jack Ma Untuk Tingkatan Usia Dari 20 Hingga 50 Tahun

Jack Ma berpesan untuk seseorang yang sudah berusia 50 tahun agar memanfaatkan waktunya untuk menginvestasikan harta atau ilmu kepada anak muda. Jack Ma mengungkapkan bahwa tenaga serta pemikiran dari anak muda lebih baik dibanding seseorang yang berusia 50 tahun

“Ketika usiamu 50-60 tahun, bekerjalah untuk anak muda. Karena anak muda bisa melakukan lebih baik dari Anda. Jadi andalkan mereka, investasikan untuk mereka pastikan mereka handal.” ucapnya.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it