Pierluigi Collina Diminta untuk Benahi Wasit Indonesia

39
Pierluigi Collina Diminta untuk Benahi Wasit Indonesia

Salah satu wasit sepak bola terbaik sekaligus paling tegas di dunia, Pierluigi Collina diminta untuk benahi wasit Indonesia, Brava Listeners.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah mengirim surat ke FIFA untuk meminta Pierluigi Collina datang ke Indonesia Tanah Air. Ini bertujuan agar wasit-wasit Indonesia dapat masukan dari mantan wasit asal Italia tersebut.

Pierluigi Collina Diminta untuk Benahi Wasit Indonesia

Profil Pierluigi Collina

Pecinta sepak bola tentunya sudah tidak asing lagi dengan wasit Collina. Ia merupakan wasit terbaik di eranya, bahkan disebut-sebut sebagai terhebat dalam sejarah.

Pierluigi Collina lahir pada 13 Februari 1960 di Bologna, Italia. Awalnya dia bermain sebagai bek tengah di tim amatir di Italia. Tetapi pada 1977 dia tertarik untuk mengambil kursus wasit hingga dia merasa menemukan bakatnya di dunia tersebut.

Pada 1995 setelah berhasil memimpin 43 pertandingan Serie A Liga Italia, Collina mendapatkan lisensi sebagai wasit FIFA. Dia pernah memimpin lima pertandingan di Olimpiade 1996.

Collina juga pernah memimpin final Liga Champions 1999 antara Bayern Munich vs Manchester United. Ini membuat Collina mendapat kepercayaan memimpin final Piala Dunia 2002 antara Brasil vs Jerman.

Pierluigi Collina Diminta untuk Benahi Wasit Indonesia

Di masa modern ini, Collina tercatat pernah menjadi Kepala Wasit Asosiasi Sepak Bola Ukraina pada 2010 dan terlibat dalam pembangunan sistem VAR untuk Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Adu Jotos Bos Raksasa Teknologi Elon Musk vs Mark Zuckerberg

Collina kini masih menjabat sebagai Kepala Wasit Federasi Sepak Bola Ukraina, Anggota Komite Wasit UEFA, Ketua Komite Wasit FIFA, dan bekerja secara sukarela atau tak dibayar untuk Asosiasi Wasit Sepak Bola Italia (AIA).

Kualitas Collina bukan isapan jempol semata, berbagai penghargaan pernah diraih dalam kariernya seperti menjadi Wasit Terbaik Dunia IFFHS dalam lima edisi, Wasit Terbaik Dunia Sepanjang Masa IFFHS 1987-2020, dan Wasit Terbaik Serie A sebanyak tujuh kali.