Prince – Purple Rain [1984]

313
Prince - Purple Rain [1984] Brava History

Album ini sebenarnya adalah soundtrack untuk film pertama yang dibuat Prince. Dia kemudian membuat tiga film lainnya: Under The Cherry Moon, Sign O’ The Times, dan Graffiti Bridge. Purple Rain memenangkan Oscar untuk kategori Best Original Song Score (jangan disamakan dengan kategori Best Original Score, yang dimenangkan pada tahun yang sama oleh A Passage to India).

Lagu “Purple Rain” adalah inti dari film dan merupakan titik plot utama. Dalam film tersebut, anggota wanita dalam band Prince, Wendy Melvoin dan Lisa Coleman, menulis sebuah lagu yang diabaikan oleh Prince, sehingga memicu omelan dari Wendy (“Every time we give you a song you say you’re going to use it but you never do. You’re being paranoid as usual…”).

Di akhir film, kru Prince terlibat dalam persaingan sengit dengan band lain (The Time), yang melakukan set yang sangat panas yang harus diikuti oleh Prince. Ketika Prince naik ke atas panggung, ia memperkenalkan “Purple Rain” sebagai lagu yang ditulis oleh Wendy dan Lisa, lalu meruntuhkan rumah dengan lagu tersebut.

Wendy dan Lisa adalah anggota asli dari band Prince hingga tahun 1987 ketika mereka keluar untuk rekaman sebagai duo. Namun, lagu ini diciptakan sendiri oleh Prince.

Prince - Purple Rain [1984] Brava History

Ini adalah lagu cinta, dengan Prince bernyanyi tentang pengabdiannya pada seorang gadis, tetapi juga berfungsi sebagai katarsis, melepaskan rasa frustrasi yang terpendam yang telah terbangun di sepanjang film. The “Purple Rain” is a place to be free.

Baca juga : Jamiroquai – Virtual Insanity [1996]

Lagu ini ditulis untuk film Purple Rain, tetapi lagu ini sangat cocok untuk Prince dalam konsernya, di mana lagu ini sering kali menjadi pertunjukan utamanya.

Dia mempertahankan banyak elemen visual dari pertunjukan film dalam pertunjukannya, yang tidak terlalu sulit – adegan konser difilmkan di klub malam First Avenue di Minneapolis, di mana Prince sering tampil.

Redaksi