Proteksi Maksimal Dengan Menggunakan Masker Dobel

81

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC telah merekomendasikan penggunaan masker ganda. Meski begitu tetap ada aturan untuk memakai masker dobel yang harus diperhatikan agar perlindungannya benar-benar efektif.

Masker Dobel

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa menggunakan masker dobel lebih efektif mencegah penularan covid-19 dibandingkan hanya memakai satu masker. Masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus Corona sebanyak 84,3%. Sedangkan masker kain mampu memeberikan perlindungan hingga 96,4%.

Sehingga menggabungkan masker bedah dan masker kain mampu memberikan perlindungan yang lebih baik pada diri Anda. Berikut cara menggunakan masker dobel yang baik dan benar guna dapat mendapatkan perlindungan maksimal.

  • Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama
  • Kawat tipis yang ada pada masker bedah pastikan ditekan kea rah hidung atau wajah, sehingga mengurangi celah untuk masuknya droplet.
  • Lalu lapisi masker bedah dengan masker kain yang ukurannya nyaman dan pas di wajah Anda
  • Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
  • Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Jika masih ada, Anda bisa atur kembali posisi dan kekencangan masker.
  • Terakhir pastikan Anda tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang saat menggunakan masker dobel.

Masker Dobel

Seperti halnya menggunakan masker dengan cara biasa, masker bedah tetap harus dibuang setelah sekali pakai dan masker kain bisa digunakan kembali setelah dicuci terlebih dahulu. Penting untuk diperhatikan, masker dobel hanya disarankan menggunakan kombinasi masker bedah dan masker kain. Jangan melapisi masker bedah dengan masker bedah lainnya, karena tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal.

Sumber

Share it