Proyek Ambisius NASA Bangun Rumah di Bulan Pada Tahun 2040

98
Proyek Ambisius NASA Bangun Rumah di Bulan Pada Tahun 2040

NASA selaku Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat membeberkan proyek ambisiusnya untuk membangun rumah di Bulan pada tahun 2040 mendatang.

NASA ingin mewujudkan angan manusia tinggal di Bulan. Langkah awal NASA mewujudkan itu dengan memberikan kontrak senilai hampir US$60 juta kepada perusahaan teknologi konstruksi bernama ICON.

Proyek Ambisius NASA Bangun Rumah di Bulan Pada Tahun 2040

Perusahaan itu akan membantu NASA membangun rumah yang layak huni di Bulan yang tidak hanya untuk astronaut, tapi juga warga sipil.

Melansir dari Mashable, rencana untuk struktur tersebut masih dalam tahap awal. Menariknya dalam sebuah laporan mengungkapkan bahwa struktur tersebut akan dibangun dengan cara 3D printing, menggunakan printer raksasa yang diluncurkan ke Bulan.

Proyek ini disebut akan menggunakan beton Bulan yang terbuat dari bebatuan, mineral, dan debu Bulan untuk membuat lapisan-lapisan yang pada akhirnya akan membentuk rumah

NASA juga melakukan konsultasi bersama universitas dan perusahaan swasta lainnya untuk menyediakan perlengkapan seperti pintu, jendela, ubin, furnitur, dan komponen serupa lainnya untuk rumah.

Proyek Ambisius NASA Bangun Rumah di Bulan Pada Tahun 2040

Sebagai informasi, ICON telah membangun bangunan menggunakan pencetakan 3D melalui sistem Vulcan, yang menggunakan filamen yang terbuat dari semen, pasir, dan air untuk membuat komponen struktural secara terpisah.

Baca Juga: Sektor Wisata Dunia Akan Terapkan Personal Carbon Allowances

Komponen-komponen itu seperti dinding dan atap, kemudian disatukan di kemudian hari. Sampai saat ini sistem tersebut mampu menghasilkan struktur hanya dalam waktu 48 jam.

Bagaimana tanggapan Anda terkait proyek ambisius dari NASA ini, Brava Listeners?