PSSI Bicarakan Minat Gabung ke Federasi Sepakbola Asia Timur

535

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule sedang menjalin komunikasi dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). EAFF menyambut baik niat PSSI jika ingin bergabung dan meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

Kabar mengenai PSSI mulai mendekat ke EAFF, rupanya tak sekedar rumor belaka. Bahkan, pihak PSSI telah membicarakan dengan pihak EAFF mengenai soal rencana bergabungnya mereka.

“Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi). Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu,” kata Iriawan di Gedung Kemenpora, dikutip dari ANTARA.

Meski begitu, PSSI tidak ingin terburu-buru langsung bergabung dengan EAFF. Diungkap oleh Iwan Bule, ada pertimbangan-pertimbangan jika PSSI pindah federasi, termasuk membicarakan dengan Komite Eksekutif (Exco).

“Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung-ruginya,” kata Iwan.

Awal mula niatan PSSI untuk keluar dari Federasi AFF setelah mencium aroma-aroma kecurangan di Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia U-19 gagal lolos dari fase grup dikarenakan Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1, yang dinilai ‘main mata’ diantara keduanya.

PSSI sendiri tengah mengajukan protes ke federasi AFF mengenai kecurangan ini. Namun, PSSI masih menunggu kelanjutan protes tersebut dari AFF.

Sementara itu Federasi EAFF terdiri dari 10 negara yaitu China, Taiwan, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Hong Kong, Guam, Macau, Mongolia dan Kepulauan Mariana Utara. Sama seperti AFF, EAFF juga memiliki beberapa kompetisi seperti Piala EAFF dari beberapa tingkatan umur serta kompetisi untuk futsal.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it