Qatar Catatkan Rekor Sebagai Tim Tuan Rumah Terburuk Sepanjang Sejarah Piala Dunia

22

Kegagalan timnas Qatar lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sekaligus menorehkan catatan buruk. Qatar menorehkan rekor sebagai ruan rumah terburuk sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia.

Timnas Qatar menjadi penghuni dasar klasemen grup A dengan tidak mampu mengoleksi satu poin pun. Tim tun rumah harus takluk dalam tiga laga yang dijalaninya di babak penyisihan grup A.

Kekalahan pertama diderita oleh Qatar oleh Ekuador dalam laga pembuka Piala Dunia 2022 dengan skor 0-2. Qatar juga mencatatkan sejarah menjadi tim pertama yang kalah di laga pertamanya sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Di pertandingan kedua, demam panggung yang dialami oleh tim yang menjuarai Piala Asia ini juga masih belum hilang. Qatar takluk atas Senegal dengan skor 1-3 di laga kedua.

Rekor kekalahan tiga kali beruntun pun ditorehkan oleh Qatar setelah dibungkam timnas Belanda. Tim Oranye menaklukkan sang tuan rumah dengan skor 2-0.

Baca Juga: Ini 3 Negara yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Alhasil, hal ini menjadikan Qatar sebagai tim tuan rumah dengan prestasi terburuk dalam sejarah Piala Dunia. Nasib yang sama sebelumnya juga dialami oleh timnas Afrika Selatan yang menjabat sebagai tuan rumah di PIala Dunia 2010.

Namun, Afrika Selatan masih bisa merebut empat poin di babak penyisihan grup setelah bermain imbang melawan Meksiko dan mengalahkan Prancis. Timnas Afrika Selatan gagal melaju ke babak 16 besar hanya kalah selisih gol.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it