Queen – The Jazz Tour [1978]

17

Ini adalah pertunjukan pertama dari tur Queen yang mendukung album baru mereka “Jazz” (walaupun LP nya tidak akan dirilis selama beberapa minggu), dan pertunjukan panggung mereka sekali lagi berubah secara dramatis. Rig pencahayaan baru mereka memiliki deretan lampu yang begitu hangat di bawahnya sehingga mendapat julukan “oven pizza.”.

Lima lagu baru dari album Jazz terdengar malam ini. Let Me Entertain You, If You Can’t Beat Them, dan Dreamer’s Ball masih baru bagi penonton, tetapi Fat Bottomed Girls dan Bicycle Race dirilis sebagai single beberapa minggu sebelumnya. Let Me Entertain You akan dikeluarkan setelah pertunjukan ini selama beberapa minggu.

Queen - The Jazz Tour 1978

Tur Jazz menemukan band dalam transisi untuk menjadi lebih dari band berorientasi pop, paling tidak karena ini adalah tur pertama di mana tidak ada trek album yang dibangkitkan dari katalog belakang mereka. Ada konsentrasi yang lebih besar dari lagu-lagu hit ke pertunjukan daripada sebelumnya, dan tren ini akan berlanjut dengan setiap tur yang lewat.

Let Me Entertain You versi Dallas ini adalah yang paling dekat dengan rekaman yang akan terdengar sebelum dikembangkan menjadi nomor #2 live yang luar biasa. Setelah lagu, Freddie memberi tahu penonton bahwa ini adalah pertunjukan pertama dari tur Amerika. “Kami punya banyak materi baru untuk Anda, dan Anda jelas adalah penonton pertama yang akan mendengarkannya. Jadi apa pun bisa terjadi malam ini, apa saja.”

Setlist

Banyak lagu lama dikeluarkan dari setlist untuk mengakomodasi materi yang lebih baru, tetapi tidak ada lagu lama lainnya yang diperkenalkan atau dihidupkan kembali. Untuk pertunjukan pertama ini, Let Me Entertain You dan If You Can’t Beat Them tampil berturut-turut, tapi tak lama kemudian Somebody To Love ditempatkan di antara mereka, karena band merasa mereka harus memisahkan lagu-lagu baru.

Brian memperkenalkan Death On Two Legs setelah If You Can’t Beat Them, tetapi Freddie melompat masuk karena ada perbedaan dengan setlist. “Kita belum akan melakukan itu dulu. Aku akan membunuhmu saat aku masuk ke ruang ganti!” dia bercanda pada Brian.

Dia melanjutkan, “Kami akan membuat sebuah lagu… kami akan melakukan Death On Two Legs, jangan khawatir, tapi sebelum kami melakukan itu, saya ingin melakukan sebuah lagu yang saya suka.” Ini menghibur penonton. “Ini disebut Somebody To Love.”

Band ini terkadang terdengar agak berkarat malam ini, menjadi pertunjukan pertama dari tur tersebut. Mereka kesulitan masuk ke I’m In Love With My Car, dan butuh beberapa batang ekstra sebelum mereka kembali bersama lagi. Dua lagu dipotong dari medley untuk tur ini, dan mereka menambahkan sebagian dari Bicycle Race ke dalamnya.

Untuk mengantri band keluar dari bagian tengah Get Down Make Love, Roger Taylor sekarang meniup peluit dari belakang drum kit.

Freddie, setelah Now I’m Here: “Banyak orang menyebut lagu berikutnya ini Spread Your Legs. Awalnya berjudul Spread Your Wings, tetapi Anda dapat menyebutnya sesuka Anda.”

Set Akustik Tur

Untuk set akustik tur ini, panggung tambahan yang lebih kecil diturunkan untuk dimainkan band. Kit drum 5 bagian yang diperkecil ada untuk dimainkan Roger di Dreamer’s Ball dan ’39. Pada drum kit ini, robot News Of The World tetap menjadi kepala bass drum, tetapi kit utamanya sekarang menggunakan logo album Jazz. Tapi untuk beberapa alasan, dalam beberapa pertunjukan dia akan kembali ke robot untuk sisa kaki Amerika Utara dan akhirnya beralih kembali ke logo Jazz di Eropa 1979.

Selama bagian instrumental dari Dreamer’s Ball, Brian dan Roger memainkan beberapa alat musik tiup. Selama solo “trombone” Brian, Freddie, yang jelas-jelas bersemangat dengan tambahan baru di acara mereka, berkata, “Dengarkan itu!” Roger belum melakukan bagian ‘terompet yang diredam’ di awal tur ini (walaupun dia akan berada di New York).

Di setiap sisi panggung, ada landasan pacu yang membentang beberapa baris ke penonton. Ini akan digunakan untuk poin-poin penting dalam pertunjukan, seperti bait pertama It’s Late, yang hanya menampilkan Freddie dan Brian, masing-masing di landasannya sendiri. Panggung yang lebih kecil dinaikkan kembali ke posisi semula pada saat ini, menambah drama dan membangun puncak pertunjukan berikutnya.

Durasi

Malam pembukaan tur hanya berdurasi satu jam empat puluh lima menit, tapi Now I’m Here dan Brighton Rock jam akan semakin lama, membawa pertunjukan lebih dekat ke dua jam, dan terkadang lebih. Versi ringkas Brighton Rock malam ini mengungkapkan selain Brian/Roger/John dalam masa pertumbuhan. Ini adalah konser pertama di mana Roger akan memainkan tympani.

Roger memainkan intro drum untuk Sheer Heart Attack di tempat yang salah (apakah mereka tidak memiliki setlist yang ditulis untuk drummer?!). Freddie mendesaknya untuk “mendinginkan” dan kemudian memperkenalkan penampilan konser debut Fat Bottomed Girls. “Anda adalah penonton yang baik, dan Anda dapat mengambil semua nomor baru,” dia bersikeras. “Apakah kamu ingin lagu baru?” Mereka pasti akan, dilihat dari respon positif mereka.

Sebagian besar lagu berjalan dengan baik, meskipun band ini hampir tidak berhasil menyelesaikan lagu bersama-sama. Dari sini dan seterusnya, sebelum siklus terakhir dari bagian improvisasi, Freddie akan memecahkan masalah dengan menyanyikan “sekali lagi.”

Bohemian Rhapsody Jadi Penutup

Alur Sheer Heart Attack ke Keep Yourself Alive cukup unik. Bohemian Rhapsody adalah lagu terakhir dari set yang tepat. Freddie menyanyikannya dengan indah, dan itu membuat penonton berteriak-teriak lagi.

Baca juga : George Michael 1994

Setelah penonton berteriak-teriak, mereka menyelesaikan pertunjukan dengan We Will Rock You dan We Are The Champions. Sepasang lagu rock akan menyelesaikan sebagian besar konser Queen hingga 1986, serta kolaborasi mereka selanjutnya hingga abad ke-21.

(source queenlive.ca)

Share it