Rangkuman Kemeriahan BNI Java Jazz Festival 2022

5

BNI Java Jazz Festival 2022 akhirnya resmi mengakhiri serangkaian acara mereka pada Minggu (29/5) WIB. Kemeriahan dari sejumlah musisi Tanah Air dan Internasional yang tampil terjadi sejak hari pertama hingga berakhirnya BNI Java Jazz Festival 2022.

Hari Pertama JJF 2022

Hari pertama BNI Java Jazz Festival 2022 berjalan dengan meriah pada Jumat (27/5) malam WIB. Salah satu musisi yang tampil di pembukaan Java Jazz Festival 2022 adalah Monita Tahalea, yang memperkenalkan lagu terbarunya di Brava Stage Hall C1 JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Penyanyi Monita Tahalea mampu tampil memukau di hari pertama Java Jazz Festival 2022. Selain itu, Monita juga membawakan lagu teranyarnya yang di panggung Java Jazz berjudul “Berlalu”.

“Saya akan membawakan sebuah lagu baru. Baru saja rilis dua hari yang lalu. Bikinnya bersama dengan Bayu Risakotta dan Yosua Gian yang main gitar ini,” kata Monita.

Lagu “Berlalu” ini menceritakan bagiaman proses seseorang dalam melepaskan pasangan yang disayanginya. Lagu terbaru dari Monita ini telah dirilis pada Rabu (25/5) dan telah tersedia di berbagai platform streaming serta kanal resmi YouTube Monita Tahalea.

“Lagu yang baru ini, judulnya ‘Berlalu’. Ceritanya tentang asleep goodbye. Biasanya kan painful goodbye, yang ini asleep goodbye,” tuturnya.

Monita juga membawakan lagu-lagu populernya seperti “Di Batas Mimpi”, “Senja”, “168”, “Perahu”, “Bisu”, “Memulai Kembali”, “Laila” dan “Sesaat yang Abadi”.

Selain itu, hari pertama BNI Java Jazz Festival 2022 juga turut dimeriahkan oleh Maliq & D’Essentials. Lagu-lagu hits dari Maliq & D’Essentials dibawakan dengan berhasil membuat semua penonton berdendang,

Vokalis Maliq & D’Essentials, Angga mengaku sangat senang dapat kembali tampil di panggung Java Jazz Festival, yang sebelumnya sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi. Maliq & D’Essentials sendiri tampil ketika Java Jazz Festival terakhir digelar pada tahun 2020.

“Kami kembali lagi tampil secara offline untuk Java Jazz Festival, setelah terakhir bertemu langsung di tahun 2020. Pertemuan kita kali ini bisa dibilang merupakan pembukaan setelah era pandemi, di mana Maliq berada di tengah kalian semua. We are so happy to be here,” kata sang vokalis utama, Angga, di sela penampilannya di Java Jazz Festival 2022.

Lagu-lagu yang dibawakan Maliq & D’Essentials di Java Jazz Festival 2022, yakni Setapak Sriwdari”, “Terdiam”, “Kangen”, “Pilihanku”, “Menari”, hingga “Dia”. Lagu tersebut membuat para penonton menyanyi bersama dengan diiringi aransemen yang membuat penonton berdendang mengikuti irama.

Selain Maliq & D’Essentials, hari pertama Java Jazz turut dimeriahkan oleh Monita Tahalea, Yefta dan Teman Tidur, Marcell, Adoria, Bass G Feat. Matthew Sayerz, Culture Project, Idgitaf, Andmesh Kamaleng, Erwin Gutawa, Sri Harunaga dan UPH.com, Maliq & D’Essentials, Susu, RAN, Vina Pandiwinata, Adhitia Sofyan, Endah n Rhesa, Lomba Sihir, Fiersa Besari, Andien, Jebung & Indomusikgram Community, dan Sivia.

Sementara itu, penampilan dari musisi mancanegara yang tampil di hari pertama ialah Saleka, Keyon Harrold, Jeff Lorber Fusion Trio with Joel Taylor and Nate Phillips, Emma-Jean Thackray, Hablot Brown, The Bad Plus, Gave Bondoc, dan Jacob Ogawa.

Hari kedua JJF 2022

Di hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022 tak kalah menarik dengan mendatangkan sejumlah musisi ternama seperti Afgan hingga Ahmad Dhani yang berkolaborasi dengan musisi Internasional, Ron King Big Band.

Musisi Afgan yang tampil panggung BNI Hall (D2), mendapat kejutan dari para fansnya yang akrab disebut Afganisme. Afgan yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-33 pada 27 Mei lalu, dinyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun oleh para fans yang hadir di Java Jazz Festival 2022.

Selain Afgan, turut hadir band D’MASIV yang mengaransemen lagu mereka dengan sentuhan musik jazz.  D’MASIV juga berkolaborasi dengan Fiersa Besari membawakan lagu berjudul “Sinema”.

“Malam ini kita sok-sokan jazz ya,” ucap Rian yang disambut oleh teriakan riuh penonton.

Kolaborasi yang tak kalah seru juga tersaji antara PJ Morton dan Yura Yunita. Pemain keyboard Maroon 5 mengajak Yura Yunita ke atas panggung menyanyikan lagu “I Can’t Wait”. Yuran dan PJ Morton juga membawakan lagu “Say So” yang merupakan kolaborasi PJ Morton bersama JoJo.

Musisi Ahmad Dhani menutup hari kedua Java Jazz 2022 dengan berduet bersama Ron King Big Band. Ahmad Dhani menyanyikan lagu-lagu hits Dewa 19, seperti ArjunaKamulah Satu-satunyaMadu Tiga, Separuh Nafas.

Baca Juga: Ada 4 Orang Asal Indonesia yang Namanya Tercatat di Guinness World Record

Hari Ketiga JJF 2022

Di hari penutupan BNI Java Jazz Festival 2022 antusias masyarakat semakin bertambah memadati JI EXPO Kemayoran, Jakarta. Sejumlah musisi lokal dan internasional tampil di hari ketiga seperti Yura Yunita, Fariz RM, Nadin Amizah hingga musisi internasional, ada Ron King Big Band, Samm Henshaw, Jarrod Lawson, Johnny Stimson serta The Temptations bersama Glenn Leonard.

Penampilan menawan ditunjukkan Fariz RM dalam penutupan Java Jazz Festival 2022 pada Minggu (29/5) WIB. Fariz RM mengajak dua musisi muda untuk berkolaborasi dengannya di atas panggung, yakni Oslo Ibrahim dan Faye Risakotta.

Fariz RM mengenakan setelan jaket hitam bercorak putih di atas panggung. Lagu pertama Fariz RM langsung dibuka dengan memainkan lagu “Sendiri Malam Ini”.

Setelah lagu pertamanya ini, Fariz RM langsung memanggil Oslo Ibrahim untuk bergabung di atas panggung. Keduanya berkolaborasi menyanyikan dua lagu, yakni “Diantara Kata” dan “Selangkah ke Sebrang”.

Kolaborasi dua generasi berbeda ini berjalan dengan sukses dan disambut dengan tepuk tangan dari penonton. Kemudian, Fariz RM mengundang solois wanita Faye Risakotta menyanyikan lagu “Batas Rindu” dan “Nada Kasih”.

Penampilan dari Fariz RM ditutup dengan membawakan tembang hitsnya berjudul “Sakura” dan “Barcelona”. Penonton yang telah menantikan kedua lagu tersebut pun sontak bernyanyi bersama.

Fariz RM pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada penonton yang telah hadir di Java Jazz Festival 2022. Ia merupakan kali pertama Fariz RM akhirnya kembali ke panggung Java Jazz setelah dua tahun tertunda karena pandemi.

“Terima Kasih Jakarta, anda luar biasa!” pungkas Fariz RM.

Tak kalah seru, sajian berbeda pun juga di tunjukan Nadin Amizah di hari ketiga Java Jazz Festival 2022. Menariknya selain bernyanyi, Nadin Amizah juga berdongeng kepada penonton di panggung Java Jazz Festival 2022.

Nadin berdongeng menceritakan tentang rusa kecil di sela-sela peralihan lagu yang dibawakannya. Penonton pun menyimak potongan cerita dari rusa kecil ini yang dibacakan oleh Nadin sampai akhir konsernya.

“Perkenalkan, ini cerita tentang seorang rusa kecil. Kakinya mungil dan mudah besar. Tujuannya kecil untuk alam semesta. Tidak penting. Tapi di hatinya yang mungil akan selalu berkumandang, ini dia ceritaku mari selesaikan apa yang telah kita mulai.” tutur Nadin membacakan cerita tentang rusa kecil di Java Jazz Festival 2022.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it