Rawon Dijuluki Sup Terenak di Dunia Lewati Ramen

160
Rawon Dijuluki Sup Terenak di Dunia Lewati Ramen

Saat ini sudah banyak masakan khas Nusantara yang sudah mendunia. Taste Atlas yang merupakan sebuah website yang berisi panduan wisata seluruh dunia menjadikan Rawon sebagai sup terenak di dunia.

Berdasarkan penilaian dari Taste Atlas, rawon mendapatkan nilai sebanyak 4,8. Terdapat beberapa makanan berkuah dari seluruh penjuru dunia yang juga masuk deretan sup terenak di dunia.

Bahkan, rawon mengalahkan ramen atau sajian mie dari Jepang dalam daftar tersebut. Aroma otentik dari rawon dengan menggunakan bahan-bahan tradisional membuat rawon dijuluti sup terenak di dunia.

“Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya,” tulis Taste Atlas.

Rawon Dijuluki Sup Terenak di Dunia Lewati Ramen

Bahan-bahan dalam rwon sendiri meliputi keluak atau kepayang, yang membuat kuah rawon menjadi berwarna hitam pekat. Keluak dicampur dengan berbagai rempah seperti daun jeruk, serai, jahe, kunyit, dan cabai.

Dahulu kala, rawon menjadi sajian favorit dari para bangsawan di Surabaya. Kini, banyak rawon sudah banyak ditemukan di berbagai tempat makan di Indonesia.

Baca Juga: Ragusa & Zangrandi Masuk Daftar Es Krim Paling Ikonik di Dunia

Berikut daftar 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas.

1. Rawon sup terenak di dunia (Surabaya, Indonesia)

2. Ramen tonkotsu (Fukuoka, Jepang)

3. Tom kha gai (Thailand)

4. Sopa de lima (Yucatan, Meksiko)

5. Taiwanese hot pot (Taiwan)

6. Ciorba radauteana (Radauti, Romania)

7. Bori-bori (Paraguay)

8. Ramen (Jepang)

9. Shoyu ramen (Tokyo, Jepang)

10. Zurek (Polandia)