Restoran AS Mulai Hidangkan Daging Ayam Buatan

78
Restoran AS Mulai Hidangkan Daging Ayam Buatan

Salah satu restoran di Amerika Serikat atau AS mulai hidangkan daging ayam buatan alias sintetis yang dibuat dari sel dan dibudidayakan.

Pekan lalu, Bar Crenn di San Francisco dapat persetujuan daging ayam buatan dari Departemen Pertanian AS kepada dua merek, Upside Foods dan Good Meat, untuk mulai memproduksi dan menjual produknya ke publik.

Restoran AS Mulai Hidangkan Daging Ayam Buatan

Daging sintetis merupakan olahan makanan yang dibudidayakan di laboratorium kemudian dikembangkan dari sel hewan yang ditumbuhkan dalam bioreaktor besar dengan bantuan nutrisi seperti asam amino

Proses tersebut terjadi di fasilitas produksi yang sangat mirip dengan tempat pembuatan bir. Mulai Sabtu (1/7), daging ayam sintetis tersebut akan dijual dalam menu tempura ayam di menu Bar Crenn.

Mengutip dari CNN, alasan Chef Dominique Crenn menghapus daging dari menu restoran sejak 2018 karena dampak peternakan terhadap hewan dan planet Bumi.

Restoran AS Mulai Hidangkan Daging Ayam Buatan

Koki tersebut merasa nyaman menjual ayam yang dibudidayakan di laboratorium. Meski demikian, pengunjung restoran tidak serta merta bisa menyantap menu baru ini.

Sebagai informasi, debut Bar Crenn merupakan kelanjutan dari serangkaian persetujuan yang diberikan dari USDA dan Food and Drug Administration (FDA), yang bersama-sama mengatur industri daging sintetis yang baru lahir.

Baca Juga: Tahun Depan Liburan ke Eropa Butuh Sidik Jari

Sebelumnya, di bulan November FDA mengeluarkan surat “tidak ada pertanyaan” kepada Upside Foods, yang pada dasarnya mengatakan mereka tidak memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang keamanan produk dan menganggapnya aman untuk dikonsumsi.

Good Meat juga mendapatkan surat serupa pada Maret. Kemudian, pada Juni, kedua perusahaan mendapatkan persetujuan USDA untuk label mereka, yang harus mencantumkan keterangan “dibudidayakan dengan sel”.

Perlu ada catat, daging sintetis dikembangkan dari sel hewan, maka dari itu daging ini tidak dianggap vegetarian oleh Upside Foods atau Good Meat.