Rose Of Mary: Daunnya Tidak Hanya Tajam, Tapi Wanginya Juga

45

Nyanyi duo Simon & Garfunkel di radio pada suatu pagi. Dan kami jadi bertanya-tanya, mengapa mereka menyebutkan bumbu-bumbu itu dalam lagu. Kami tertarik dengan ‘rosemary’, nama cantik yang juga mengingatkan pada film seram Rosemary’s Baby. Setiap tumbuhan punya ceritanya sendiri, termasuk juga rosemary. Satu sumber menyebutkan bahwa tumbuhan bumbu ini mendapatkan namanya ketika St. Maria berjalan dan jubahnya menyebarkan warna biru keseluruh bunga putih semak rosemary.Tapi, bukan bunganya yang dijadikan bumbu, melainkan daunnya. Daunnya bercabang jarum dengan aroma balsam khas rempah. Ia tumbuh di dataran tinggi, seperti di Eropa atau Puncak, Jawa Barat.

Daunnya digunakan untuk bumbu dan pengobatan tradisional, terutama untuk mengobati pencernaan karena kandungan fenol yang dapat mengusir racun. Selama berabad-abad, ekstrak rosemary dipakai di Yunani untuk meningkatkan daya ingat.

Baik segar maupun kering, daun rosemary kerap ditaburkan ke banyak ragam makanan panggang, baik daging merah maupun putih. Di Eropa, orang memperkaya cita rasa anggur merah dengan batang-batang segar rosemary. Kini, di banyak bar, batang rosemary segar disulut sebelum dicelupkan ke dalam koktil. Selain mempercantik, ia juga memberikan aroma.

“Saya lebih menyarankan daun rosemary yang segar daripada yang kering. Sama seperti yang saya masukkan ke dalam Crispy Suckling Pig with Pear and Chestnuts. Daging yang sudah di-vacum dalam plastik dengan rosemary segar selama 1 jam sudah cukup memberikan flavor. Ketika daging dipanggang, wanginya akan makin kuat,”jelas Gianfranco Beltrame, Chef Casad’Oro, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

“Aroma rosemary akan keluar pada suhu tinggi. Tidak ada salahnya kalau kita ingin mencampurkan ke dalam dessert. Cukup imbangi saja dengan elemen yang pas, misalnya, dark chocolate,” ujar Lina, Chef Marche Restaurant, Jakarta. Chef Lina menambahkan, rosemary paling cocok untuk bumbu rendam daging atau bahan saus, asalkan tidak terlalu banyak karena akan menghasilkan rasa pahit.

Sumber: esquire.co.id

Share it