Sarapan Cerdas Pria Sibuk

119
Sarapan

Sarapan sehat

Brava Listeners siap bekerja hari ini! Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari, Brava Listeners membutuhkan sarapan yang baik untuk menunjang aktivitas harian.

Apa yang perlu diperhatikan, yuk cek apa kata Dokter Inge Permadhi, Ms, Sp. GK, dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo ini.

1. Pentingnya karbohidrat
Dokter Inge menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat saat sarapan ketimbang pada sore atau malam hari. Alasannya, karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari lebih banyak diubah menjadi energi daripada dikonsumsi malam hari yang justru berpotensial menjadi timbunan lemak. Karbohidrat akan mendongkrak metabolisme sehingga tubuh akan membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

2. Tinggi serat
“Berdasarkan suatu studi, mereka yang dalam sehari mengonsumsi makanan rendah lemak dan 26 gr serat per 1000 Kal akan lebih cepat menurunkan bobot tubuh ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi 7 gr serat sehari,” ungkap dr. Inge. Pilih menu seperti buah, sayur, roti gandum, oatmeal, atau sereal yang mengandum gandum.

3. Sertakan buah
Masukkan buah-buahan dalam menu sarapan. Dokter Inge mengatakan serat yang terkandung di dalam buah mampu membuat Anda merasa lebih kenyang. Namun, untuk memotong asupan kalori, lebih baik mengonsumsi buah secara langsung, tidak dibuat jus. “Contohnya, segelas jus jeruk mengandung 120 kalori. Tetapi, buah jeruk hanya mengandung 60 kalori,” jelasnya. Metode ini lebih hemat dan tetap memenuhi asupan vitamin C yang disarankan.

Sumber: Herman Joseph for Fitnessformen.co.id | foto blog.latism.org

 

Share it