Sejumlah WNI Berhasil Dievakuasi Dari Ukraina

14
Sejumlah WNI Berhasil Dievakuasi Dari Ukraina

Pemerintah Indonesia saat ini tengah mengupayakan untuk dapat mengevakuasi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina. Hal ini untuk memberikan perlindungan untuk para WNI di Ukraina terhadap invasi militer yang dilakukan oleh Rusia.

Sejak seminggu terakhir beberapa wilayah di Ukraina diserang oleh militer dari tentara Russia yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin. Situasi terkini militer Russia telah mencapai kota Kyiv di Ukraina serta terjadi beberapa pertempuran terbuka di kota Kyiv.

Untuk memberikan perlindungan terhadap para WNI yang berada di Ukraina, pemerintah akan mengevakuasi seluruh WNI ke Polandia dan Rumania. Pada 27 Februari lalu, sebanyak 25 WNI disebut oleh Kementrian Luar Negeri (Kemlu) RI berhasil dievakuasi dan tiba di Rumania.

“1. Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di wilayah Rumania.

2. Tim KBRI Bucharest membawa evacuee menuju Bucharest.

3. Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina.

4. Keamanan dan keselamatan WNI selalu menjadi prioritas utama.” tulis Kementrian Luar Negeri lewat Twitter mereka.

Selain itu, juga terdapat enam orang WNI dan 1 WNA yang merupakan pasangan WNI juga berhasil dievakuasi dan akan tiba di Polandia.

“Hari ini (28/2) 6 WNI dan 1 WNA (pasangan WNI) berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow Polandia. Mereka dalam keadaan sehat.” tulis Kementrian Luar Negeri lewat Twitter.

Proses pengevakuasin terhadap para WNI ini terus diupayakan oleh Pemerintah Indonesia. Total keseluruhan ada 153 WNI yang tersebar di Ukraina, yang sebagian besar merupakan pekerja di bidang manufaktur dan hospitality.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it