Sering Mual Saat Minum Kopi? Ini Tips Untuk Mengatasinya

280
Sering Mual Saat Minum Kopi? Ini Tips Untuk Mengatasinya

Mengkonsumsi kopi di pagi hari memang sungguh nikmat. Apalagi jika disantap dengan pisang goreng atau singkong rebus. Namun, bagi beberapa orang justru mengalami rasa mual saat terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

Sering Mual Saat Minum Kopi? Ini Tips Untuk Mengatasinya

Meski banyak manfaat dari mengkonsumsi kopi, namun ternyata kopi juga dapat menimbulkan berbagai efek yang tidak baik bagi orang yang sensitif. Termasuk salah satunya memicu rasa mual.

Rasa mual dari mengkonsumsi kopi ini bervariasi. Mulai dari mual tingkat ringan yang baru muncul setelah mengkonsumsi kopi secara berlebihan hingga berat yang ditimbulkan dengan hanya sedikit meminum kopi dapat langsung memicu rasa mual.

Kopi sendiri mengandung senyawa kafein yang bersifat asam. Asam inilah yang kemudian merangsang peningkatan asam lambung (hydrochloric acid) oleh sel-sel parietal di dinding lambung. Efek yang ditimbulkan akan mengalami mual, kembung, perih, begah, sesak hingga muntah-muntah.

Baca Juga : Mantan Menteri Afghanistan Jadi Pengantar Pizza

Sering Mual Saat Minum Kopi? Ini Tips Untuk Mengatasinya

Rasa mual yang diakibatkan dari mengkonsumsi kopi bisa diatas dengan beberapa cara berikut ini, dilansir dari alodokter.com:

  • Batasi konsumsi kopi berlebihan (lebih dari 1 cangkir perhari)
  • Hindari meminum kopi dalam keadaan perut kosong
  • Hindarilah makanan atau minuman lain yang juga dapat memperburuk gejala penyakit lambung seperti cokelat, tomat, daun mint, dan alkohol.
  • Hindari makanan berlemak yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.
  • Berhenti merokok
  • Istirahat dengan cukup, kelola stress dengan melakukan hal  – hal sehat yang disukai
  • Konsumsi makanan dalam porsi sedikit demi sedikit tapi sering. Hindari makan dalam porsi besar dalam satu waktu

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it