Shin Tae-yong Sindir Pembinaan Usia Muda Usai Ditahan Imbang Thailand U-19

121

Timnas Indonesia U-19 dipaksa bermain imbang melawan Timnas Thailand U-19 dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 pada Rabu, 6 Juli 2022 malam WIB. Pelatih Shin Tae-yong pun menyinggung jika Indonesia harus terlebih dahulu membenahi sistem kompetisi hingga pembinaan usia muda jika ingin mengalahkan Thailand.

Bermain sebagai tuan rumah, hasil imbang 0-0 harus diterima skuad Garuda Muda saat melawan Thailand di Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi. Pelatih Shin Tae-yong pun meminta maaf tak bisa memberi poin penuh dalam laga tersebut.

“Banyak fans datang ke stadion, tetapi kami tidak bisa puaskan. Hal itu sangat disayangkan,” ujarnya.

Thailand memang bukanlah lawan yang mudah untuk dihadapi. Shin Tae-yong pun menyinggung mengenai level kompetisi Indonesia dan Thailand yang berbeda jauh. Selain itu, pembinaan usia mudanya juga berpengaruh terhadap keberlangsungan pemain kedepannya.

“Lihat saja perbedaan kualitas Liga Thailand dan Liga Indonesia, dan juga lihat seperti apa sistem pembinaan pemain mudanya,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa tidak ada yang instan jika ingin menjadi juara. Ia pun mencontohkan seperti timnas Jerman yang membutuhkan 10 tahun untuk bisa juara Piala Dunia.

“Dan juga tidak mungkin begitu ganti pelatih kepala, kita langsung menang lawan Thailand atau siapapun, Jerman saja bisa juara Piala Dunia butuh membangun tim 10 tahun lamanya,” tuturnya.

“Begitu juga dengan Indonesia, sempat ada pandemi, tapi sekarang liga sudah bergulir dan sistem pembinaan pemain muda juga terus dikembangkan,” tambahnya.

Timnas Indonesia U-19 sendiri masih memiliki harapan untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19. Tersisa dua laga di Grup A, yakni melawan Timnas Filipina U-19 pada 8 Juli dan Timnas Myanmar U-19 pada 10 Juli.

Saat ini Gsruda Muda berada di posisi empat klasemen Grup A, dengan raihan lima poin. Sementara Timnas Thailand U-19 duduk di posisi kedua dengan tujuh angka, sama seperti Timnas Vietnam U-19, yang beradapa di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it