Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang Dengan Racikan Baru yang Unik

14
FIM World Superbike Championship

Brava Listeners, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan diaspal ulang dengan racikan baru yang terbilang unik.

Pengaspalan ulang di Sirkuit Mandalika itu dilakukan untuk menyambut FIM World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022. Priandhi Satria selaku Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan untuk Sirkuit Mandalika menggunakan jenis aspal yang unik dan tidak ditemukan penggunaannya di sirkuit mana pun.

“Membuat racikan untuk Sirkuit Mandalika tidak mudah. Sirkuit berada di dekat laut. Cuaca berubah-ubah. Siang panas, kemudian sore berubah dingin, dan malam bisa basah atau lembab,” kata Priandhi Satria.

FIM World Superbike Championship

Priandhi juga mengungkapkan Dromo selaku konsultan sudah menemukan racikan aspal yang pas untuk Sirkuit Mandalika. Dromo sendiri merupakan konsultan yang sudah membangun puluhan sirkuit di seluruh dunia.

Menariknya, batu-batuan dari Indonesia dan peracikan aspal dilakukan di Jerman dan Italia. Hal ini sekaligus menandai bahwa Dromo membuat racikan baru pertama di dunia untuk Sirkuit Mandalika. Sentuhan baru itu berada di bagian lintasan yang diaspal ulang menggunakan teknologi baru dan akan rampung pekan ini.

FIM World Superbike Championship

Priandhi juga menjelaskan track improvement Sirkuit Mandalika dilakukan atas permintaan Federasi Balap Motor Internasional (FIM), sekaligus menyambut gelaran putaran ke-11 FIM WSBK. Selain lintasan, perubahan merembet ke pelebaran run off dan Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Melihat Keluarga Tajir Rishi Sunak yang Jadi PM Inggris Pertama Keturuan India

“Track improvement berjalan sesuai rencana. Kami sedang dalam tahap akhir untuk pengaspalan ulang dari tikungan satu ke satu lagi,” kata Priandhi mengutip Antara, Selasa (25/10).

Sudahkah Anda berkunjung ke Sirkuit Mandalika Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it