Spanyol Pecat Luis Enrique, Tunjuk Pelatih Baru

7
Spanyol Pecat Luis Enrique, Tunjuk Pelatih Baru

Baru-baru ini pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique dipecat pada Kamis (8/12/2022) setelah juara dunia 2010 itu tersingkir dari Piala Dunia oleh Maroko pada babak 16 besar awal pekan ini.

“Baik Presiden Luis Rubiales, dan Direktur Olahraga Jose Francisco Molina, telah menyampaikan kepada pelatih keputusan mereka,” kata federasi sepakbola Spanyol (RFEF) dalam pernyataannya, dikutip dari AFP.

“RFEF telah memberikan laporan kepada presiden, di mana diputuskan bahwa proyek baru harus dimulai untuk tim nasional, dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat Luis Enrique dan rekan-rekannya. ,” tambah RFEF.

Spanyol Pecat Luis Enrique, Tunjuk Pelatih Baru

Luis de la Fuente ditunjuk sebagai pelatih baru Spanyol. Pengumuman ‘promosi’ pelatih Spanyol U-21 tersebut telah dibuat dua hari setelah timnas tersingkir di Piala Dunia.

Adapun, Spanyol sempat menghajar Kosta Rika 7-0 dalam pertandingan pembukaan mereka di Qatar, tetapi mengalami kekalahan mengejutkan dari Jepang yang menghasilkan finis kedua di Grup E.

Adapun, Spanyol adalah favorit kuat untuk mengalahkan Maroko di babak sistem gugur pertama tetapi kalah 3-0 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir 0-0 setelah perpanjangan waktu.

Luis de la Fuente

“Kami mendominasi permainan tetapi kami kekurangan gol,” keluh Luis Enrique setelah pertandingan.

Spanyol terakhir mengangkat trofi besar satu dekade lalu di Euro 2012, sementara mereka belum memenangkan satu pun pertandingan sistem gugur di Piala Dunia sejak menang di Afrika Selatan pada 2010.

Baca Juga: Gaji Fantastis Wasit Piala Dunia Qatar 2022 Hingga Rp 4,6 Miliar!

Luis Enrique mengambil alih kursi pelatih pada 2018 setelah penampilan Piala Dunia Rusia yang mengecewakan dari Spanyol, dan memimpin La Roja ke semifinal Euro 2020, di mana mereka juga dikalahkan melalui adu penalti oleh Italia.

 

Share it