Spesifikasi Lengkap Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

50
Spesifikasi Lengkap Hyundai Ioniq 5

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Hyundai Ioniq 5 sebagai mobil listrik pertama buatan Indonesia pada Rabu (16/3). Mobil Hyundai Ioniq 5 ini memiliki spesifikasi yang mumpuni serta didukung dengan interior yang ramah lingkungan.

Hyundai Ioniq 5 diproduksi di pabrik Hyundai yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Sebelumnya, mobil listrik ini sudah diperkenalkan pada Februari 2021 lalu, yang juga merupakan mobil listrik pertama Hyundai yang dipasarkan di bawah merek Ioniq.

Spesifikasi Lengkap Hyundai Ioniq 5

Mobil Hyundai Ioniq 5 memiliki dimensi panjang keseluruhan 4.6 meter, lebar 1,89 meter, tinggi 1,605 meter, dan jarak sumbu roda 3 meter. Mobil ini memiliki bobot kotornya 2.370 kilogram, sementara untuk kapasitas penyimpanan bisa mengangkut hingga 527 liter.

Hyundai Ioniq 5 ini dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 185 km per jam. Sementara untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km per jam hanya membutuhkan waktu 8,5 detik.

Spesifikasi Lengkap Hyundai Ioniq 5

Mobil dengan baterai lithium-ion ini juga memakai bahan ramah lingkungan dari segi interiornya. Bagian dalam Hyundai Ioniq 5 terpasang jok kulit yang dibuat dari bahan alami yang diwarnai dengan menggunakan ekstraksi minyak tumbuhan dari biji rami.

Sedangkan perabotan lunak di setiap kabin terdiri dari tekstil yang berasal dari serat seperti komponen bio tebu, wol dan benang poli, serta bahan tenun dari serat yang terbuat dari botol plastik PET bekas yang dilebur. Bagian permukaan semisal dasbor, sakelar, roda kemudi, dan panel pintu dilapisi cat bio poliuretan yang terdiri dari minyak bunga lobak dan jagung.

Untuk pengisian daya, Hyundai Ioniq 5 dibekali dengan pengisian daya cepat 350 kW, yang mampu mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. Hal ini membuat pengendara Ioniq 5 hanya membutuhkan waktu lima menit pengisian daya untuk menempuh jarak 100 km.

Menurut situs resmi Hyundai, terdapat empat varian warna untuk Ioniq 5, yakni standart single speed 2WD dengan kapasitas baterai 58 kW, standart single speed 4WD dengan kapasitas 58 kW, long range single speed 2WD dengan kapasitas 72,6 kW, dan long range single speed 4WD dengan kapasitas 72,6 kW.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it