Stratolaunch Roc, Pesawat Terbesar Sejagat Kembali Mengudara & Pecahkan Rekor

9

Pesawat terbesar sejagat raya, Stratolaunch Roc kembali terbang pada Jumat (13/1) waktu Amerika Serikat (AS). Stratolaunch Roc berhasil memecahkan rekor dari penerbangan sebelumnya.

Stratolaunch Roc merupakan pesawat yang dirancang oleh pendiri Microsoft, Paul Allen. Stratolaunch Roc dijuluki pesawat terbesar sejagat raya, dengan mempunyai dua badan yang menggabungkan dua jet jumbo Boeing 747.

Selain itu, Stratolaunch Roc memiliki bobot 226,7 ton dengan rentang sayap 117 meter. Pesawat tersebut juga mempunyai enam mesin jet yang disertai dengan 28 roda.

Baru-baru ini Stratolaunch Roc telah berhasil menyelesaikan uji terbang di atas wilayah gurun Mojave California, AS. Stratolaunch Roc terbang selama enam jam di atas ketinggian 22.500 kaki atau 6.860 meter.

Penerbangan ini memecahkan rekor terbang dari Stratolaunch Roc mengalahkan rekor sebelumnya. Ini merupakan uji terbang ke-9 secara keseluruhan, dimana Stratolaunch Roc mengangkut kendaraan hipersonik Talon-A.

“Tim kami yang luar biasa terus membuat kemajuan dalam jadwal pengujian kami, dan melalui kerja keras mereka kami semakin dekat dengan pemisahan yang aman dan uji terbang hipersonik pertama kami,” ujar CEO dan Presiden Stratolaunch, Zachary Krevor dikutip dari Space, Senin (16/1/2023).

Kesuksesan Stratolaunch Roc akan memberikan data bagi perusahaan untuk selenjutnya melakukan pelepasan kendaraan hipesonik Talon-A. Direncanakan Stratolaunch Roc akan melakukan tes “captive carry”, yaitu meletakkan dasar untuk tes jatuh Talon-A.

“Kami sangat bersemangat untuk apa yang akan terjadi tahun ini, karena kami menghadirkan layanan uji penerbangan hipersonik secara online untuk pelanggan kami dan nasional,” ucapnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it