Suka makanan pedas? Bagus! Anda akan lebih sehat

60

Cabai dikenal sebagai bumbu masakan yang mampu memberikan kelezatan makanan dan sangat disukai oleh pecinta rasa pedas. Tak heran jika masyarakat provinsi Sichuan, Tiongkok memakan cabai di setiap makanannya.

Hal ini selain dapat menambah rasa makanan, juga dapat mengusir rasa dingin saat musim dingin melanda provinsi tersebut.

Cabai atau bernama ilmiah Capsicum Annum, merupakan tanaman dari anggota keluarga nightsade, seperti tomat, terong, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa cabai memiliki kandungan zat yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya zat Capsaicin (memberikan rasa pedas), Beta karoten (antioksidan), Lutein (senyawa karetinoid untuk kesehatan mata), dan Ferulic Acid (antioksidan).

Dari penelitian diketahui bahwa cabai merah mengandung lebih banyak Vitamin C dan Beta karoten dibandingkan dengan cabai kuning dan cabai hijau.

Dalam kandungan nutrisi per 100 gram, cabai memiliki energi kalori sebanyak 40 kcal, serat 1,5g, vitamin C 144 mg (173% AKG), B-caroten (5% AKG), B6, (39%), zat besi (8%), Magnesium (6%), kalium (7%), dan air (88%). Cabai juga mampu membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Cabai memang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi, perlu diingat bahwa sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Harus diketahui pula pula bahwa kandungan Vitamin C yang tinggi pada cabai akan turun kadarnya jika melewati proses pemasakan yang lama.

Dan, perlu dicatat bahwa pengolahan cabai dengan menggunakan minyak. Terlebih lagi, apabila pengolahannya menggunakan minyak, maka dapat menambah kalori dan menambah kandungan lemak pada cabai.

Jadi, disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi segar agar kandungan vitaminnya tetap terjaga. Untuk menghilangkan rasa pedas di mulut, sebaiknya Anda jangan minum air, tapi dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kasein (susu, roti, dan sebagainya).

Bahan makanan itu dapat menangkap molekul capsaicin sehingga rasa pedas bakal cepat hilang.

Berikut beragam manfaat cabai untuk kesehatan tubuh:

>> Cabai kaya akan Vitamin C yang berguna sebagai antioksidan, anti-peradangan, dan membantu penyerapan zat besi untuk mencegah anemia.

>> Dapat meminimalisir perkembangan sel kanker, terutama kanker darah, hepatoma, dan kanker kolon.

>> Menurunkan berat badan. Cabai meningkatkan suhu tubuh yang akhirnya dapat merangsang proses pembakaran kalori.

>> Kesehatan kardiovaskular. Selain dapat menghambat pembekuan darah, zat Capsaicin juga bermanfaat menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) dan menghambat proses oksidasi dalam tubuh.

* Kontributor : dr. Verawati Sudarma, M.Gizi, Sp.GK, ahli gizi di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
7 Pusat belanja paling bergengsi di dunia
Inilah pesepakbola terbaik menurut Zlatan Ibrahimovic
5 Restoran Indonesia yang harus dicoba

Share it