Supaya tetap sehat selama puasa

57

Brava Listeners, perubahan pola makan selama puasa dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Supaya kesehatan tubuh tetap baik, berikut tips dari ahli nutrisi Charlotte Debeugny kepada Relaxnews, yang dilansir dari Dream.co.id.

1. Penuhi serat dan protein di waktu sahur
Sahur sangat penting bagi orang yang menjalankan puasa, karena sahur menjadi persiapan bagi mereka sebelum puasa. Meski menjadi persiapan bukan berarti makan sebanyak-banyaknya saat sahur.

Makanan yang tinggi akan protein dan serat dipercaya mampu memberikan tenaga ekstra. Makanan tinggi protein terdapat dalam telur, keju, yogurt, dan kacang-kacangan. Sementara makanan yang penuh akan serat dapat Anda jumpai pada buah, sayuran, dan biji-bijian.

2. Hindari makan berlebihan saat berbuka
Sama halnya dengan sahur, usahakan agar Anda tidak makan terlalu banyak saat berbuka. Pastikan juga anda mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur selama berbuka juga sahur. Saat berbuka puasa hindari makanan cepat saji.

3. Hindari kue atau camilan tinggi kalori
Jenis kue yang disediakan biasanya berkalori tinggi. Kue seperti ini yang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi kurma atau almond sebagai camilan.

4. Cukupi cairan dalam tubuh
Untuk menjaga suhu tubuh, hindari tempat terbuka yang panas dan terik. Saat sahur, konsumsi buah menjadi hal yang penting. Karena air yang terkandung dalam buah membantu suhu tubuh Anda stabil.

Jangan minum banyak air sekaligus, ikuti pola dua gelas waktu sahur, dua gelas waktu buka, dan empat gelas di malam hari dengan rentang setiap 1 jam.

Hindari minuman kopi, teh, dan yang manis-manis seperti cokelat ataupun minuman bersoda. Karena minuman tersebut malah membuat Anda cepat lemas, mengantuk dan dehidrasi. Disarankan juga untuk mengonsumsi jus buah.

5. Puasa sesuai kemampuan fisik
Sebelum menjalankan puasa, ada baiknya bila Anda melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit.

[teks onne | foto dream.co.id]

 

Share it