Surat Steve Jobs Saat Usia 18 Tahun Dilelang Rp 4,2 M! Berisi Tentang Keinginannya Ke India

39
Surat Steve Jobs Saat Usia 18 Tahun Dilelang Rp 4,2 M!

Meski sudah tiada, namun barang-barang memoriable peninggalan dari sang pendiri Apple, Steve Jobs masih memiliki harga jual yang sangat tinggi hingga kini. Terbaru, surat yang bertulisan tangan dari Steve Jobs saat berumur 18 tahun dilelang hingga Rp4,2 Miliar.

Tokoh-tokoh yang pernah membawa pengaruh besar kepada dunia memang tidak akang pernah lekang jasa-jasanya meski sudah tiada. Termasuk juga barang-barang bersejarah peninggalan mereka yang berisi ide-ide serta pemikirannya dahulu.

Surat Steve Jobs Saat Usia 18 Tahun Dilelang Rp 4,2 M!

Salah satunya ialah surat tulisan tangan mendiang Steve Jobs saat ia berusia 18 tahun yang dilelang oleh rumah lelang Inggris Bonhams. Surat ini merupakan tulisan tangan Steve Jobs yang ditulis kepada teman masa kecilnya Tim Brown pada tanggal 23 Februari 1974.

Diketahui, Steve Jobs dan Tim Brown merupakan sahabat semasa kecil yang bersekolah di Homestead High School bersama di Cupertino, California atau tempat Apple sekarang bermarkas. Dalam suratnya tersebut, Steve Jobs mengutarakan kepada Brown mengenai keinginannya untuk perjalanan ke India. Jobs pun kemudian menabung dan menghabiskan tujuh bulan di India pada akhir tahun itu.

Di India, Jobs menghadiri Kumbh Mela, ziarah dan festival keagamaan Hindu. Selain itu surat tersebut juga berisi pemikiran Jobs tentang Buddhisme Zen.

View this post on Instagram

A post shared by Bonhams (@bonhams1793)

“Tim, saya telah membaca surat Anda berkali-kali/ saya tidak tahu harus berkata apa. banyak pagi telah datang dan pergi/ orang-orang datang dan pergi/ saya telah mencintai dan saya telah menangis berkali-kali. Aku entah bagaimana, di balik itu semua tidak berubah – kau mengerti?” tulis Jobs dalam suratnya.

Baca Juga : Syuting Memakan Korban, Aktor Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Kru Film Hingga Meninggal

Surat tersebut akan dilelang oleh Rumah lelang Inggris Bonhams pada 3 November 2021 di kisaran harga US$ 200 ribu atau sekitar Rp 2,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.100 per US$) hingga US$ 300 ribu (Rp 4,2 miliar).

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it