Tanah Jawa Lahirkan Salah Satu Kopi Termahal Di Dunia

245
kopi jawa

Indonesia patut berbangga dikarenakan salah satu kopi termahal di dunia ternyata berasal dari tanah Jawa. Kopi termahal tersebut berhasil dibudidayakan di Kaledonia Baru.

Selama ini kita mengenal kopi termahal di dunia berada di Kaledonia Baru. Namun ternyata, Kaledonia Baru mendatangkan kopi robusta mereka dari Pulau Jawa, bersama dengan orang dari pulau Jawa yang dipekerjakan untuk memproduksi kopi.

kopi jawa termahal
Orang Jawa di Kaledonia Baru

Menurut sejarahnya, Kaledonia Baru telah memproduksi kopi dari tahun 1862, yang dibawa dari Madagaskar oleh kolonial Prancis. Jenis kopi tersebut ialah kopi arabika.

Namun, wabah penyakit melanda tanaman kopi di Kaledonia Baru pada tahun 1910, yang menyebabkan daun tanaman kopi rusak. Kolonial dari Prancis itu pun mengganti tanaman kopi dengan kopi robusta dari pulau Jawa.

Dipilihnya kopi robusta dari pulau Jawa, karena dinilai lebih tahan terhadap penyakit.

kopi jawa termahal

Benar adanya, kopi robusta dari pulau Jawa itu pun berhasil tahan lama dan dibudidayakan di Kaledonia Baru. Hingga membuat kini kopi dari Tanah Jawa tersebut menjadi kopi termahal di dunia.

Tidak hanya membawa kopinya, Kaledonia Baru juga merekrut imigran dari Jawa termasuk sebagai pekerja perkebunan kopi ini. Awalnya orang Jawa tersebut dikontrak lima tahun sesuai perjanjian disana. Namun, setelah kontrak selesai, mereka tidak pulang ke Jawa melainkan menetap di Kaledonia Baru dan membentuk komunitas orang Jawa di sana.

Baca Juga : Fakta Unik All England, Rudy Hartono Masuk Daftar Atlet Tersukses

Kopi robusta ini kini dibudidayakan di dekat Tropic of Capricon pada ketinggian sekitar 25 meter di atas permukaan laut atau setara dengan ketinggian 959 mdpl di wilayah khatulistiwa. Cocok dengan derah tersebut, kopi dari pualu Jawa itu pun memiliki kualitas yang sangat baik hingga harganya pun melonjak naik.

Share it