Fakta Unik All England, Rudy Hartono Masuk Daftar Atlet Tersukses

73
all england

Baru-baru ini kontroversi terjadi pada ajang All England 2021, dimana tim Indonesia dipaksa mundur oleh panitia penyelenggara. Hal ini dikarenakan adanya penumpang yang positif Covid-19 dalam penerbangan mereka dari Istanbul ke tempat berlangsungnya All England, yakni Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu.

Dari regulasi yang telah ditetapkan pemerintahan Inggris, bahwa jika terdapat satu orang yang terdeteksi positif corona dalam satu pesawat, maka para penumpang yang ada di pesawat tersebut harus menjalani isolasi selama 10 hari. Hal ini pun membuat tim Indonesia mundur dari turnamen All England dan melakukan isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre.

Turnamen All England sendiri merupakan ajang paling bergengsi pebulutangkis di seluruh dunia. Selain itu, All England pun mempunyai sejarah serta fakta menarik dibaliknya. Termasuk salah satunya, atlet Indonesia yang masuk dalam daftar atlet tersukses All England.

Tertua Di Dunia

fakta unik all england

Jika Anda bertanya sejarah mengenai pertama kalinya diadakan turnamen bulutangkis dunia, ternyata All England yang mengawalinya pada tahun 1899 di Guildford, Inggris.  Justru turnamen-tunamen bulutangkis di benua Asia yang kita sangka-sangka banyak melahirkan atlet kelas dunia, masih kalah tua dari turnamen All England.

Dikarenakan ajang bulutangkis tertua di dunia, menjadikan turnamen All England sebagai salah satu turnamen bergengsi bagi para atlet-atlet dunia.

Tidak Digelar Karena Perang Dunia

fakta unik all england

Ajang All England ternyata juga pernah mengalami pemberhentian pada waktu perang dunia. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk diselenggarakannya turnamen olahraga, membuat All England tidak digelar pada Perang Dunia I tahun 1915 – 1919 dan juga Perang Dunia II tahun 1940-1946.

Atlet Paling Sukses

fakta unik all england

Berbicara atlet yang paling sukses dalam sejarah All England, atlet tersebut ialah George Alan Thomas. Atlet asal Inggris ini total telah meraih 21 gelar (tunggal putra 4 kali, ganda putra 9 kali, dan ganda campuran 8 kali).

Hingga saat ini belum ada yang mengalahkan peraihan medali dari George Alan Thomas.

Atlet Indonesia Pernah Ukir Sejarah

all england

Salah satu atlet dari Indonesia ternyata pernah mengukir sejarah manis di turnamen All England. Siapa lagi kalau bukan Rudy Hartono.

Rudy tercatat sebagai salah satu atlet Indonesia yang masuk daftar pebulutangkis paling sukses meraih gelar di All England. Total, Rudy Hartono meraih 8 gelar. Istimewanya, 7 gelar diraih Rudy secara berturut-turut pada tahun 1968-1974.

Baca Juga : Pandemi Tak Jadi Halangan, Traveler Ini Lakukan 150 Penerbangan Ke Seluruh Dunia

Indonesia juga masuk empat besar sebagai negara paling banyak mengoleksi gelar All England. Peringkat pertama diduduki Tiongkok, diikui Denmark dan Inggris.

 

Share it