Tempat tinggal terbaik di Britania Raya

29

Indahnya pemandangan, harga rumah yang terjangkau, serta tingginya angka kualitas hidup menjadi poin penentu.

Orkney baru saja dinobatkan sebagai kota terbaik yang layak untuk ditinggali di Britania Raya. Kepulauan terpencil di Skotlandia tersebut menempati peringkat teratas dalam daftar survei tahunan Halifax, mengalahkan distrik lainnya di Britania. Tahun lalu, Orkney hanya berhasil menempati posisi kedua.

Halifax merupakan bank Skotlandia yang rutin melakukan survei untuk mencari tempat-tempat terbaik sebagai kawasan tinggal di seluruh Britania Raya. Kriteria penilaiannya ditentukan oleh beberapa poin, di antaranya adalah dari sisi pekerjaan, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, dan komunitas.

Sementara, Orkney mengumpulkan nilai tertinggi dalam hal tempat tinggal, kualitas hidup, serta keindahan pemandangannya yang memanjakan mata. Tak hanya itu, wilayah ini juga unggul soal ketenagakerjaan, pendidikan, komunitas, dan rendahnya tingkat kriminalitas.

Berbicara mengenai tempat tinggal, harga rumah di Orkney dapat dikatakan terjangkau yaitu pada umumnya mencapai 173.349 pound sterling (sekitar 3.1 miliar rupiah). Nilai tersebut setara dengan 5.2 kali angka dari pendapatan rata-rata warganya dan berada di bawah standar nasional yang tercatat dalam skor 7,3.

Distrik Richmondshire yang terletak di Yorkshire utara menempati posisi kedua dalam daftar survei. Tingkat kesejahteraan penduduknya terbilang tinggi, juga dengan rendahnya angka kriminalitas dan kemacetan.

Melalui hasil peninjauan Halifax, dapat dilihat bahwa ternyata tiga dari antara lima tempat yang layak untuk ditinggali semua berada di wilayah utara Inggris, termasuk Rutland yang terletak di daerah East Midlands. Sedangkan Oxfordshire dan Cotswolds merupakan dua area pedesaan dari wilayah selatan Inggris yang menempati urutan tertinggi.

Bank Halifax mengungkapkan bahwa beberapa daerah di bagian selatan memiliki prestasi yang baik dalam bidang upah dan tenaga kerja, angka harapan hidup, kesehatan, dan cuaca. Lain halnya dengan wilayah utara Inggris yang segalanya lebih terjangkau dan tidak padat penduduk.

Berikut adalah wilayah di Britania Raya yang menempati urutan 10 teratas berdasarkan survei Halifax:

1. Orkney, Skotlandia
2. Richmondshire, Yorkshire and the Humber
3. Rutland, East Midlands
4. Hambleton, Yorkshire and the Humber
5. Eden, distrik di bagian barat laut Inggris
6. South Oxfordshire, wilayah di bagian tenggara Inggris
7. Cotswold, wilayah di bagian tenggara Inggris
8. Ryedale, Yorkshire and the Humber
9. St Albans, Inggris Timur
10. Derbyshire Dales, East Midlands

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Orkney suatu saat nanti?

(Penulis: Natalie Cornish; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)

Sumber: Harpers Bazaar Indonesia

Share it