Terlihat ‘Asal-Asalan’, Lukisan Ini Ternyata Punya Harga Selangit

1425
Lukisan Abstrak Termahal

Bagi para seniman, lukisan memiliki arti sendiri yang tidak hanya bisa dinilai dari sekedar melihat panampilan atau permukaannya saja. Bahkan, yang terkadang dilihat oleh orang awam terkesan ‘asal-asalan’ namun justru memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Harga dari lukisan yang terlihat abstrak ini pun bisa menyentuh triliunan harganya. Berikut deretan lukisan abstrak yang justru memiliki harga jual selangit.

False Start

Lukisan Abstrak Termahal

Sekilas tidak ada yang istimewa dari lukisan yang dinamai False Start ini. Hanya berupa bercak tidak beraturan dari kombinasi cat berwarna merah, oranye, biru dan putih. Padu-padan warnanya seperti coretan-coretan tidak jelas dan tidak mengandung arti.

Namun, siapa yang menyangka bahwa ternyata lukisan ini terjual dengan harga sekitar $80 juta atau sekitar Rp. 1 triliun. CEO dari Citadel Investment Group, Kenneth C. Griffin, berani memasang harga selangit untuk membawa pulang lukisan dari pelukis terkenal, Jasper Johns.

No 1 (Royal Red And Blue)

Lukisan Abstrak TermahalSaat melihat kesan pertama melihat lukisan ini, mungkin yang ada di pikiran Anda adalah betapa simpelnya lukisan yang hanya menyertakan warna merah dan biru ini. Walaupun terlihat sederhana, ternyata lukisan yang diberi judul Royal Red And Blue, memiliki arti dari sang pelukis, Mark Rothko sebagai bentuk representasi pikirannya yang sangat kompleks.

Jika Bravo Listeners menyangka lukisan simpel ini tidak terlalu mahal harganya, tentu salah besar. Harga dari lukisan Royal Red And Blue terjual sekitar $75 juta atau Rp 999 miliar.

No. 5

Lukisan Abstrak TermahalCoret-coretan abstrak menghiasi tampilan di lukisan yang diberi judul ‘No. 5’ oleh Jackson Pollock. Menurut sang istri, penamaan angka disetiap lukisan yang dibuat Jackson Pollock, memiliki maksud bahwa para penikmat lukisan dapat dengan bebas mengimajinasikan hasil karyanya.

Memiliki arti luas, lukisan yang dibuat tahun 1948 ini mampu dijual dengan harga US$ 140 Juta atau sekitar Rp. 1,9 triliun saat dibeli oleh David Martinez.

Baca Juga : WORLD PREMIERE 2022: Audi Kenalkan Tipe e-tron GT and RS

Interchange

Lukisan Abstrak TermahalAneh memang jika Anda memang dari sudut pandang orang awan melihat lukisan abstrak ini memiliki harga 300 Juta US Dollar atau sekitar Rp. 4 triliun. Lukisan ini adalah hasil karya pelukis terpandang, Willien de Kooning yang dibuat pada tahun 1955.

Seorang miliarder dari Amerika bernama Kenneth C Griffin tidak ragu untuk memboyong lukisan yang terkesan ‘asal-asalan’ ini sebesar Rp 4 triliun dalam sebuah lelang di Art Institue of Chicago.

Nude, Green Leaves and Bust

Siapa yang tidak mengenak sosok Pablo Picasso dalam dunia lukis. Hasil karya pun sudah tidak diragukan lagi, meskipun menurut orang awan banyak dari lukisan Pablo Picasso yang terkesan absurd.

Seperti salah satunya lukisan yang diberi judul Nude, Green Leaves and Bust oleh Pablo Picasso. Lukisan ini mampu terjual dengan harga US$106,5 Juta pada 2012 lalu.

Share it