Tips berolahraga di bulan Ramadhan

67

Brava Listeners, melakukan aktivitas fisik di saat bulan Ramadhan memang terlihat memberatkan. Namun, menurut dr. Alia Basalamah, National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dalam acara peluncuran WillPower Training Program beberapa waktu lalu, di Senayan, Jakarta, menyampaikan:

“Solusi untuk menghindari tubuh yang lesu, lemah saat Ramadhan, justru dengan tetap berolahraga agar metabolisme tubuh tetap dapat berjalan dengan optimal. Yang perlu diperhatikan adalah program latihannya, waktu yang tepat serta nutrisi yang kita konsumsi selama bulan Ramadhan.”

dr. Alia juga memaparkan berapa lama dan kapan saja waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa.

“Cukup lakukan minimal 2 sampai 3 kali seminggu, yang setiap sesinya 20-30 menit. Ada 3 waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa biar kita tidak dehidrasi, pertama sebelum berbuka, setelah berbuka atau sebelum makan malam, lalu setelah makan malam,” terangnya.

Agar tetap prima saat menahan lapar dan haus, tubuh harus dinutrisi dengan baik.

“Selain olahraga, agar aktivitas tetap berenergi kita harus minum cukup air saat sahur, konsumsi protein, karbohidrat, dan lemak yang cukup, hindari makanan dengan kadar sodium yang tinggi dan terakhir ialah konsumsi kurma, karena kurma kaya akan energi, vitamin, serat, bahkan mampu mengurangi rasa lapar saat puasa,” tambah dr. Alia.

[teks @uliafr | foto uabsport.be]

Share it