Turis Berbayar Pertama Berhasil Dibawa ke Luar Angkasa

64
Turis Berbayar Pertama Berhasil Dibawa ke Luar Angkasa

Turis berbayar pertama berhasil dibawa ke luar angkasa oleh Virgin Galactic, perusahaan pesawat luar angkasa komersial yang berbabis di Britania Raya.

Pada Kamis, 29 Juni 2023, salah seorang penumpang, Perwira Angkatan Udara Italia mengibarkan bendera negaranya sambil mengintip ke luar jendela. Lengkungan Bumi begitu terlihat jelas di ketinggian 52,9 mil (85,1 kilometer) di atas permukaan laut.

Turis Berbayar Pertama Berhasil Dibawa ke Luar Angkasa

Villadei bergabung di kabin oleh Letnan Kolonel Angelo Landolfi dari Angkatan Udara Italia, Pantaleone Carlucci dari Dewan Riset Nasional Italia, dan Colin Bennett dari Virgin Galactic.

“Itu adalah perjalanan yang indah,” ungkap Kolonel Walter Villadei kepada wartawan pada konferensi pers, menambahkan bahwa momen favoritnya adalah melihat kontras antara hitamnya ruang angkasa dan planet-planet di bawahnya.

Misi penerbangan turis pertama ini disebut Galactic 01. Dimulai ketika pesawat “induk” badan pesawat kembar lepas landas dari landasan pacu di Spaceport America, New Mexico, sekitar pukul 8:30 waktu setempat.

Baca Juga: Tahun Depan Liburan ke Eropa Butuh Sidik Jari

Sebenarnya, penerbangan luar angkasa berbayar kemudian menghadapi kemunduran, termasuk larangan terbang singkat oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA), yang menemukan penerbangan Branson menyimpang dari wilayah udara yang ditugaskan dan Virgin Galactic tidak mengkomunikasikan “kecelakaan” seperti yang dipersyaratkan.

Lebih lanjut, Virgin Galactic didirikan pada tahun 2004 dan telah menjual sekitar 800 tiket untuk kursi pada penerbangan komersial masa depan — 600 tiket di antara tahun 2005 dan 2014 seharga $200.000 hingga $250.000, dan 200 sejak saat itu masing-masing seharga $450.000.

Tertarik menjelajah luar angkasa, Brava Listeners?