Vaksin Cacar Monyet Hadir di Indonesia Oktober 2022

6

Vaksin Cacar Monyet alias monkeypox akan segera tiba di Indonesia pada Oktober 2022. Vaksin Cacar Monyet ini dipesan langsung dari Denmark.

Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit Cacar Monyet di Tanah Air, sebanyak 2000 vaksin akan disiapkan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia.

“Vaksin monkeypox lagi dipesan, kan kita pesan 2.000 tapi kita datangin 1.000 dulu otw Oktober tapi ini masih belum tahu Oktober akhir atau awal, kayaknya akhir,” ujar Nadia.

Meski begitu, nantinya tidak semua masyarakat dapat menerima vaksin cacar monyet. Vaksin ini terlebih dahulu diprioritaskan bagi kelompok berisiko atau yang ada kontrak erat kepada orang yang mengalami gejala cacar monyet.

“Karena monkeypox susah, kapasitas produksinya terbatas. Jadi mending kita fokuskan pada yang berisiko tinggi supaya transmisi sudah cukup di situ saja, selesai” ucapnya.

Saat ini Kemenkes berfokus untuk meningkatkan vaksinasi smallpox. Alasannya, vaksinasi smallpox ini dapat memberikan perlindungan terhadap cacar monyet sampai 85 persen.

“Rekomendasinya kan smallpox bisa juga mengurangi penyebaran monkeypox. Malah mungkin nanti smallpox yang justru kita kejar,” tambah Nadia.

Saat ini baru ditemukan satu kasus cacar monyet di Indonesia. Pasien pertama yangkonfirmasi positif cacar monyet atau monkeypox pada Agustus lalu, kini telah sembuh dan telah sudah beraktivitas seperti biasa.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it